Sama-Sama Penganan Olahan Pisang, Apa Perbedaan Kue Molen dan Bolen?

Sama-Sama Penganan Olahan Pisang, Apa Perbedaan Kue Molen dan Bolen?
Apa sih perbedaan molen dan bolen? (Youtube/Nophy Kitchen)

Sama-sama berbahan dasar pisang, mungkin belum banyak yang paham dengan perbedaan molen dan bolen pisang. Nah, berikut ini adalah perbedaan mendasar antara keduanya. Apa saja?

Inibaru.id – Kamu yang suka pisang tentu nggak asing dengan dua olahan buah yang memiliki banyak kandungan karbohidrat ini. Bolen dan molen, pernah mencicipinya? Sekilas, keduanya nggak tampak berbeda. Pun dengan namanya. Namun, bolen dan molen rupanya punya perbedaan yang signifikan, lo.

Nah, biar nggak salah sebut, kenali perbedaan dua camilan yang sama enaknya ini, yuk!

Molen Pisang

Molen punya ukuran sebesar cangkang bekicot. (Nyaribisnis)
Molen punya ukuran sebesar cangkang bekicot. (Nyaribisnis)

Jajanan satu ini umumnya ditemukan mulai sore hari di pinggir jalan sebagai street food. Biasanya, penjual molen pisang akan menggoreng secara langsung di lokasi untuk disajikan pada pembelinya. Bentuk molen hampir menyerupai molen pengaduk semen, tapi seukuran cangkang bekicot.

Bahan baku kulit molen terdiri atas tepung terigu, gula halus, margarin, vanili, serta air es. Setelah diuleni dan dibentuk menjadi lembaran, adonan ini kemudian dililitkan pada buah pisang yang  sudah dipotong-potong.

Kini, molen sudah mengalami beberapa modifikasi dari segi tekstur, menjadi lebih kering dan renyah. Ukuran dan isiannya pun semakin beragam. Beberapa modifikasi isi yang ada di pasaran saat ini antara lain kacang hijau, ubi, keju, dan selai stroberi.

Bolen Pisang

Bolen pisang. (Tastemade)
Bolen pisang. (Tastemade)

Semula, bolen pisang menjadi salah satu buah tangan dari Kota Bandung. Namun, kini penganan legit tersebut bisa kamu temukan di mana-mana, mulai dari yang dijual di pinggir jalan hingga dipajang di etalase toko kenamaan.

Bahan dasar bolen pisang terdiri atas tepung pastry, pisang raja, cokelat blok, keju parut, serta susu cair. Tepung pastry digunakan sebagai adonan pembungkus pisang beserta cokelat. Kemudian, sebelum dipanggang, bolen diberi parutan keju di atasnya.

Berbagai bahan ini membuat bolen pisang punya cita rasa manis dan gurih yang begitu menggoda. Tepung pastry yang terbuat dari tepung terigu, margarin, air, gula pasir dan korsvet membentuk kulit bolen yang berlapis. Beberapa bolen pisang bahkan berisikan cokelat yang saat digigit.

Bisa dibilang, bolen merupakan olahan pisang yang lebih premium ketimbang molen. Namun, seiring berkembangnya waktu, bolen makin mudah ditemukan. Di sejumlah kota, kamu bahkan bisa menemukan bolen yang dijajakan berkeliling memakai gerobak.

Di antara keduanya, mana nih olahan pisang yang jadi favoritmu? Ehm, bolen lebih enak kali ya, kalau lagi tanggal muda! Ha-ha. (Fem/IB27/E03)