3 Hal yang Membedakan Satai Blora dengan Satai Lain di Indonesia

3 Hal yang Membedakan Satai Blora dengan Satai Lain di Indonesia
Sate Blora. (Instagram/dindiantie)

Kendati memiliki ciri khas masing-masing. satai di tiap daerah selalu punya kekhasan sendiri, termasuk di antaranya Sate Blora. Apa yang membedakan masakan khas dari Kota Mustika itu dengan satai dari daerah lain?

Inibaru.id – Satai! Mendengar namanya, kamu mungkin bakal langsung kepikiran masakan khas Indonesia berupa potongan daging yang ditusuk dengan lidi, lalu dibakar di atas arang. Yap, kebanyakan satai memang begitu. Namun, tiap wilayah punya kekhasan sendiri, termasuk Sate Blora.

Sesuai namanya, satai tersebut berasal dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Di sana, satai dibagi tiga, yakni satai ayam, satai kambing, dan satai sapi atau biasa disebut dengan sate jagal. Lalu, apa sih bedanya sate blora dengan satai lainnya?

Sambal Kacang 


Sambal kacang pada satai Blora lebih encer. (Instagram/nurrochmaningrum)

Laiknya satai Madura, sambal kacang juga menjadi pelengkap satai Blora. Yang membedakan, tekstur sambal kacang pada satai Blora lebih halus lantaran kacangnya digiling beberapa kali dan nggak terlalu kental.

Selain itu, sambal kacangnya juga dimasak bersama dengan kuah santan dan sejumlah bumbu. Ini menjadikan sambal kacang pada satai Blora lebih gurih dan pedas. Kalau kurang pedas, mereka juga menyediakan cabai ulek pada mangkuk terpisah.

Penyajian

Penyajian satai Blora. (dok-ib)

Saat kamu memesan satai Blora, kamu secara otomatis bakal diberi pelengkap yang lumayan banyak. Pertama, kamu akan mendapatkan satai berbumbu bawang putih, gula merah, dan ketumbar. Lalu, pada piring terpisah, kamu bakal mendapatkan sambal kacang yang cukup banyak.

Kemudian, satai bakal didampingi nasi putih berkuah opor dengan taburan tauge, bihun, dan bawang goreng, yang dipincuk menggunakan daun jati. Menarik, bukan?

Menyimpan Tusukan Satai

Habis makan satai Blora, jangan buang lidi bekasnya ya! (Kompas/Ni Luh Made Pertiwi F)

Di sejumlah warung di Blora, satai disajikan ala buffet alias prasmanan, bukan per porsi. Atau, bisa juga dihidangkan di atas piring dalam jumlah banyak. Jadi, ambil secukupnya saja, lalu simpan tusukan dari satai yang kamu makan sebagai patokan berapa banyak yang harus kamu bayar.

Wah, wah, makan satai di Blora melatih kejujuran juga, nih! Kamu yang biasa makan tiga gorengan bilang dua, jauh-jauh deh! Ha-ha. (IB07/E03)