Salah Satu Kenikmatan Tauto Khas Pekalongan Ada di Kedai Soto Tauto Bang Dul

Berdiri sejak puluhan tahun silam, kedai soto tauto khas Pekalongan "Bang Dul" menjadi rujukan wisatawan yang pengin mencicipi kuliner khas Kota Batik. Lokasinya yang berada di jalur pantura kian memudahkan orang untuk datang.

Salah Satu Kenikmatan Tauto Khas Pekalongan Ada di Kedai Soto Tauto Bang Dul
Soto Tauto Bang Dul. (Ksmtour)

Inibaru.id – Selain nasi megono, tauto menjadi makanan lain yang patut kamu coba jika berkunjung ke Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Kuliner perpaduan Tionghoa dan India ini memiliki rasa yang bikin kamu ketagihan.

Nah, daripada bingung mencari di mana tauto yang enak, Soto Tauto Bang Dul bisa jadi rujukanmu, lo.

Berada di Jalan Dr Sutomo, Gamer, Soto Tauto Bang Dul telah menjadi salah satu rumah makan legendaris di Kota Batik. Abdul Mukti selaku pemilik rumah makan memulai bisnisnya sejak 1982. Sebelum mendirikan rumah makan, Abdul menjajakan tauto dengan cara berkeliling.

Soto tauto Bang Dul. (Wartakota)

Seporsi tauco di rumah makan ini dijual seharga Rp 22 ribu. Dalam sehari, Abdul bisa menghabiskan lima kilogram daging. Pada akhir pekan, jumlah konsumen meningkat sehingga dia bisa menghabiskan enam hingga tujuh kilogram daging.

Dengan isian berupa daging, tauge rebus, dan bihun, tauto buatan Abdul memiliki rasa yang khas. Kuahnya pun kental dengan rasa manis. pedas, dan asam. Sekilas, tampilan tauto mungkin mengingatkanmu pada soto betawi. Hm, pantas saja rumah makan ini nyaris nggak sepi pembeli.

Kedai Soto Tauto Bang Dul. (Cintapekalongan)

Supaya kenyang, jangan lupa tambahkan lontong pada sotomu ya. Kamu yang belum pernah mencicipi kelezatan tauto, buruan ke Pekalongan gih. Nggak nyesel deh mencicipinya. Jangan lupa bungkus untuk orang rumah ya. Ha-ha. (IB15/E03)