Salad Bisa Cegah Obesitas Asalkan…

Salad Bisa Cegah Obesitas Asalkan…
Salad. (applebees.com)

Salad memang hidangan sehat, tapi pengolahannya tetap nggak boleh asal-asalan. Kalau nggak hati-hati, makanan sehat ini justru bisa bikin kamu gendut. Intip dulu tips mengolahnya supaya kalori tetap terjaga, yuk.

Inibaru.id – Bicara soal mendapatkan tubuh yang ideal, sebagian orang mungkin akan langsung mengerutkan dahi dan teringat menu diet yang cenderung minim rasa. Padahal, untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kamu nggak harus tersiksa, lo. Jika kamu mengalami obesitas, mengonsumsi salad bisa membantumu mencegah obesitas.

Kalau pengin mencoba bikin salad, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya komposisi gizinya tetap seimbang dan terjaga. Saat berbelanja di pasar atau swalayan, pilihlah protein nabati atau hewani seperti kacang almond. Dengan mengonsumsi protein nabati dalam kacang almond, ini membantumu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus melancarkan pencernaan.

Menilik kandungan gizinya, kacang almond juga mengandung vitamin B, B6, C, dan E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kalau kamu nggak suka kacang almond, kamu bisa menggantinya dengan kacang hitam, lo.

https://www.besthealthmag.ca/wp-content/uploads/sites/16/2017/03/almond-facts08.jpg

Kacang almond mengandung protein yang tinggi. (besthealthmag.ca)

Selain menambah protein, kamu bisa menambahkan satu sendok minyak zaitun ke dalam saladmu. Seperti kacang almond, minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi. Minyak ini juga dipercaya bisa mencegah stroke.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membuat salad adalah memilih keju yang tepat. Sebelum mengambilnya di rak swalayan, akan lebih baik kalau kamu memperhatikan komposisi protein, lemak, dan kalsiumnya. Dengan memilih keju yang kaya protein, lemak, dan kalsium, ini juga akan mempengaruhi jumlah kalori yang diserap tubuhmu. Usahakan jangan melampui kebutuhan kalori harianmu, ya, walau hanya makan satu porsi.

Terakhir, sebelum membuat salad, cuci dulu semua buah yang akan kamu makan. Dengan mencucinya lebih dulu, kamu bisa meminimalisasi pestisida yang masuk ke dalam tubuhmu. Mencucinya juga jangan asal-asalan, ya. Cucilah dengan air yang mengalir dan tambahkan pula garam supaya makin bersih. Garam juga berfungsi sebagai pembunuh kuman.

Nah, dengan mengikuti tips-tips tersebut, saladmu jadi lebih sehat dan bergizi, kan? Yang perlu diperhatikan, jangan lupakan olahraga supaya targetmu tercapai, Millens. Selamat mencoba! (IB15/E05)