Rempah Termahal Bernama Saffron, Bumbu Andalan Masakan Mediterania yang Berasal dari Bunga

Rempah Termahal Bernama Saffron, Bumbu Andalan Masakan Mediterania yang Berasal dari Bunga
Rempah ini berasal dari bunga Saffron. (trubus.id)

Memiliki nama lain kuma-kuma, rempah berharga mahal ini berasal dari bunga saffron. Saking mahalnya, terkadang rempah tersebut juga dipakai sebagai mata uang.

Inibaru.id – Juliet Rose jadi salah satu bunga termahal di dunia yang harganya pernah mencapai Rp 222 miliar pada 2016 lantaran langka dan butuh waktu 15 tahun untuk mekar. Sementara, saffron juga menjadi salah satu yang termahal, tapi bukan karena bunganya, melainkan stigmanya yang menjadi bumbu.

Yap, saffron atau kuma-kuma adalah sejenis bumbu yang yang berasal dari bunga crocus sativus atau umum dikenal sebagai saffron crocus. Bumbu tersebut merupakan salah satu rempah yang identik dengan masakan Asia dan Mediterania.

Perkebunan Saffron di Iran. (aliefqu.wordpress)

Saffron tumbuh di beberapa daerah di Eropa, Iran, dan India. Tak hanya bunga termahal, rempah ini juga menjadi salah satu bumbu termahal di bumi ini.

Ya. seperti dikutip dari Liputan6, harga Saffron di Amerika mencapai Rp 79,5 juta, sementara di Inggris dijual dengan harga Rp 7,11 juta. Wow!

Kaya Manfaat

Selain menyedapkan masakan, saffron juga dikenal kaya manfaat. Beberapa di antaranya adalah untuk melancarkan aliran darah, mencegah kanker, menjadi antioksidan yang baik, memperbaiki sistem imun, dan menyembuhkan asma.

Saffron biasa dikeringkan dan memiliki rasa yang manis mirip madu dengan aroma rumput. Kerap disebut sebagai "kunyit Portugis", rempah ini juga memberikan warna oranye menyala pada makanan.

Makanan-makanan manis dan bahkan minuman di Arab, Persia, India, dan Eropa banyak mengggunakan saffron. Risotto khas Italia, paella Spanyol, bouillabaisse Prancis, hingga biryani dari Asia Selatan hampir tak bisa dilepaskan dari si kecil berwarna merah itu.

Paella, salah satu hidangan khas Spanyol yang menggunakan saffron. (itb2c.store)

Nah, kalau kebetulan kamu sedang berkunjung ke restoran khas masakan India atau mediterania, bisa jadi masakan yang kamu pesan mengandung saffron, Millens! Wah, itu berarti kamu memakan mata uang! Ha-ha. (IB23/E03)