Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Dawet dan Cendol

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Dawet dan Cendol
Es dawet. (Grid.id)

Saat sinar matahari membuat cuaca menjadi panas, dawet menjadi minuman yang menyejukkan. Rasa legit gula merah bercampur dengan kenyal dawet memang bikin banyak orang menyukai minuman ini. Namun, tahukah kamu kalau dawet ternyata berbeda dengan cendol?

Inibaru.id – Meski mirip, ada perbedaan antara cendol dengan dawet. Cendol lebih populer di Jawa Barat, sementara dawet lebih populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, keduanya dibuat dari bahan yang berbeda, lo. Dawet terbuat dari tepung beras atau ketan, sementara cendol dari tepung kacang hijau atau hunkwe.

https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2018/06/734d483a7badb3dfdd829d6840644b2f_600x400.jpg

Tak jarang, orang nggak tahu bedanya dawet dan cendol. (idntimes.com)

Dari segi tekstur, dawet lebih lembut dan halus, sementara cendol cenderung lebih kenyal. Menilik proses pembuatannya, dawet dicetak dengan perkakas dengan lubang-lubang sehingga bentuknya memanjang dan lancip. Ini berbeda dengan cendol yang menggunakan alat pencetak khusus. Alat pencetak tersebut membuat bentuknya tampak lebih rapi.

Tentu nggak sulit kan membedakan dawet dan cendol. Mau minum dawet atau cendol, keduanya tetap jadi minuman yang menyegarkan, kok. Duh, jadi pengin minum cendol ayu. Eh, maksudnya, jadi pengin minum dawet ayu, nih! (IB15/E05)