Saat Buntut Sapi "Kawin" dengan Bumbu Rica-Rica

Saat Buntut Sapi
Menu baru Pesonna Hotel Semarang, Buntut Sapi Rica-Rica. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Saat musim hujan tiba, orang-orang biasanya mencari makanan yang panas atau pedas supaya bisa menghangatkan tubuh. Seperti Buntut Sapi Rica-Rica yang disediakan Pesonna Hotel Semarang ini misalnya.

Inibaru.id – Buntut sapi biasanya diolah menjadi sop atau dibakar. Namun, Pesonna Hotel Semarang punya cara lain untuk mengolah buntut atau ekor sapi. Mulai Sabtu (20/10/2018) lalu, hotel yang berada di Jalan Depok Semarang itu menyajikan menu baru yang mengawinkan kekenyalan buntut dengan bumbu rica-rica yang pedas.

Buntut Sapi Rica-Rica merupakan salah satu menu unik menyambut musim hujan yang diluncurkan dalam program promo tiga bulanan mereka. Saya cukup penasaran dengan menu yang satu ini. Bakal seperti apa rasanya?

Setelah cukup lama saya menunggu olahan Buntut Sapi Rica-Rica, akhirnya makanan ini tersaji. Lengkap dengan nasi putih yang dibentuk kerucut, jeruk nipis, sereh, dan emping, masakan ini terlihat menggugah selera.

Rasa pedas khas masakan Manado menyeruak sejak suapan pertama. Lidah saya yang biasanya cukup kuat menahan pedas masih cukup tersengat, meski nggak sampai kepedasan. Apalagi tekstur daging yang empuk dan kenyal cukup mengalihkan rasa pedas itu. Hmm!

Buntut Sapi Rica-Rica ala Pesonna Hotel Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Nggak seperti sejumlah olahan buntut sapi yang acap bau prengus, olahan rica buntut sapi ini menurut saya hampir nggak ada aroma itu. Kalau kurang yakin, kamu bisa juga menambahkan perasan jeruk nipis yang telah disediakan di meja.

(Baca Juga: Sambut Musim Hujan, Pesonna Hotel Semarang Luncurkan Dua Menu Baru)

Executive Chef Pesonna Hotel Semarang Arinto Kuswinarto mengatakan, karena Rica-Rica Buntut Sapi adalah menu musim hujan, pihaknya sengaja membuat makanan yang dibanderol seharga Rp 60 ribu itu dengan tingkat kepedasan lebih tinggi dari rica-rica pada umumnya.

“Untuk bumbu seperti rica-rica pada umumnya, tapi tingkat pedasnya memang saya tambahi agar bisa menghangatkan tubuh. Paslah kalau disantap saat musim hujan,” kelakar Arinto.

Menu Buntut Sapi Rica-Rica ala Pesonna Hotel Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Diproses Dua Kali

Agar mendapatkan tekstur daging yang empuk, Arinto menerangkan, proses memasak Rica-Rica Buntut Sapi dilakukan dalam dua tahap.

“Pertama, (buntut sapi) saya rebus sampai empuk. Habis itu baru saya masak dengan bumbu rica-rica,” terangnya.

Untuk memasak makanan yang merupakan perpaduan Jawa-Manado ini, Arinto mengaku seenggaknya membutuhkan waktu 20 menit. Namun, tenang, penyajiannya nggak lama, kok, sekitar lima menit saja.

Kalau berminat, silakan datang ke Pesonna Hotel, ya, Millens! Yap, mumpung baru gajian, kan? Sesekali ajak gebetan ke restoran hotel, dong! Ha-ha. (Ida Fitriyah/E03)

 

Buntut Sapi Rica-Rica Restoran Pesonna Hotel Semarang

Alamat          : Jalan Depok No 33, Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang

Jam Buka      : 10.00-22.00 WIB

Harga           : Rp 60.000