Saat Belut Dibumbu Rujak, Saat Itu Kamu Perlu ke Brebes

Saat Belut Dibumbu Rujak, Saat Itu Kamu Perlu ke Brebes
Rujak belut. (Beritadunia)

Jika di Semarang belut diolah dengan bumbu mangut, warga Brebes mengolah hewan air nan licin itu dengan bumbu rujak. Hm, kok seperti buah-buahan saja?

Inibaru.id – Tak hanya diperuntukkan bagi buah-buahan, sambal rujak rupanya bisa dipadukan dengan belut. Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sajian ini cukup populer di kalangan masyarakat. Rasanya? Tentu saja ada yang berbeda!

Laiknya rujak buah, bumbu rujak belut juga bercita rasa pedas-manis dengan menggunakan bumbu kacang. Selain diminati warga Brebes, kuliner ini juga populer di Tegal dan Cirebon. Kalau jeli, kamu juga bisa menemukan makanan itu di wilayah pantura Jateng lain seperti Pemalang, Pekalongan, dan Batang.

Membuat rujak belut tidaklah sulit. Belut yang sudah bersih digoreng. Sebelumnya, bumbui belut dengan bumbu seperti bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan garam. Diamkan belut hingga dua jam, lalu goreng.

Rujak belut. (warung-rujak-belut-ibu-dj.business)

Sementara, untuk bumbu rujak, nggak jauh berbeda dengan rujak buah, yakni kacang tanah, terasi, asam, jahe garam,  gula, dan cabai. Namun, khusus untuk rujak belut, sambal juga diberi campuran bawang, tomat, dan jeruk nipis.

Seporsi rujak belut berkisar Rp 25 ribuan. Kamu bisa menyambangi Warung Rujak Belut Bu Ribut yang konon sudah buka sejak 1980. Wah, generasi milenial belum ada yang lahir nih! Ha-ha.

Rujak belut cukup pedas, jadi siap-siaplah! Sediakan air putih yang banyak dan tentu saja nyali yang besar, khususnya buat kamu yang nggak hobi pedas. Selamat mencoba, Millens! (IB20/E03)