Roti Gambang dari Indonesia Masuk 50 Roti Terbaik Dunia

Roti Gambang dari Indonesia Masuk 50 Roti Terbaik Dunia
Roti gambang masuk daftar 50 roti terbaik di dunia. (Wikipedia/Midori - GFDL, cc-by-sa-2.1-jp)

CNN memasukkan roti gambang dalam daftar 50 roti terbaik dunia. Hm, jadi penasaran ya sejarah dan cerita dari roti ini.

Inibaru.id – Urusan kuliner, Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil penganan terenak di dunia. Yang menarik, belakangan situs CNN memasukkan salah satu roti asli Indonesia, yakni roti gambang dalam daftar 50 roti terbaik dunia.

Memang, roti gambang bukan benar-benar asli Indonesia karena sebenarnya ia adalah peninggalan kolonial Belanda. Bahkan, banyak pakar kuliner yang menyebutnya sebagai versi lain dari roti ontbijtkoek yang berasal dari Negeri Kincir Angin. Roti ini memiliki rasa manis karena memiliki bahan kayu manis serta gula aren.

Baca Juga:
Mengunyah

“Roti ini dibuat dengan rempah-rempah dari Indonesia seperti kapulaga, manis jangan, dan macam-macam rempah Indonesia, dicampur dengan tepung terigu, gula, dan telur,” ungkap pemilik Toko Oen Semarang Jenny Megaradjasa, salah satu tempat di mana kamu bisa mencicipi roti gambang dengan cita rasa asli.

Roti gambang juga beda dari roti pada umumnya karena cenderung memiliki tekstur yang lebih padat dan keras. Oleh karena itulah, roti ini lebih cocok dimakan saat kamu juga sedang minum teh atau kopi hangat.

Roti gambang populer di Batavia dan Semarang pada abad ke-18 dan 19 dan sudah akrab dikonsumsi orang pribumi pada abad ke-20. Kabarnya, dulu roti ini dikonsumsi oleh noni-noni Belanda untuk sarapan. Nah, nama gambang ternyata diambil dari alat musik gambang kromong. Roti ini dianggap mirip dengan bentuk alat musik khas Betawi ini.

Roti gambang peninggalan kolonial Belanda. (Cookin.id/Shutterstock)
Roti gambang peninggalan kolonial Belanda. (Cookin.id/Shutterstock)

“Jadi dulu itu perusahaan roti Belanda di Batavia, mereka memilih bentuk roti yang seperti bilah-bilah pada gambang kromong,” ungkap budayawan Betawi Yahya Adi Saputra, Jumat (18/10/2019).

Yang menarik, di Semarang, nama roti ini adalah ganjel rel karena dianggap memiliki bentuk yang mirip seperti tumpuan rel kereta.

Oya, hanya ada 13 roti dari Asia yang masuk dalam daftar 50 roti terbaik di dunia. Jadi, keberadaan roti gambang dalam daftar tersebut tentu cukup membanggakan ya? Berikut adalah daftar roti terbaik dunia yang berasal dari Asia yang bisa jadi pernah kamu cicipi.

·         Roti Malawach dari Yaman.

·         Roti Balep Korkun dari Tibet.

·         Roti Taboon dari Yordania.

·         Roti Shaobing dari Tiongkok.

·         Luchi dari Bangladesh.

·         Bolani dari Afghanistan.

·         Pai Bao dari Hong Kong.

·         Roti Paratha dari India.

·         Kare pan alias roti kare dari Jepang.

·         Roti Canai dari Malaysia.

·         Gyeran-ppang dari Korea Selatan.

·         Roti Appam dari Sri Lanka.

Omong-omong, kamu suka roti gambang nggak nih, Millens? (Kom/IB09/E05)