Rice Paper, Kertas Pembungkus yang Bisa Dimakan

Pernah mendengar istilah "rice paper"? Yap, rice paper merupakan pembungkus makanan dari tepung beras. Seperti kulit pada lunpia, rice paper kerap digunakan saat membuat salad gulung vietnam.

Rice Paper, Kertas Pembungkus yang Bisa Dimakan
Rice Paper. (splendidtable.org/)

Inibaru.id – Untuk membuat lunpia, kulit luar tentu menjadi bagian yang nggak terlupakan. Kulit ini menjadi wadah pelbagai isian sebelum digoreng dan disajikan. Nah, bicara soal pembungkus makanan, rice paper pun kerap digunakan. Hm, pernah mendengarnya?

https://www.wikihow.com/images/5/52/Make-Rice-Paper-Step-9.jpg

Rice paper. (wikihow.com)

Rice paper adalah pembungkus makanan yang terbuat dari tepung beras. Bentuk pembungkus ini bulat seperti kerupuk dan biasanya kerap dipakai untuk membuat salad gulung Vietnam. Teksturnya pun lembek, jadi kamu perlu berhati-hati saat mengolahnya.

Kalau pengin lebih lentur, sebaiknya rendam dulu rice paper dalam air, ya!

https://img.taste.com.au/tlQ4GeJF/taste/2016/12/vietnamese-prawn-and-mint-rice-paper-rolls_digiapi_1980x1320-119146-1.jpg

Rice paper digunakan untuk salad vietnam. (taste.com.au)

O ya, saat merendamnya, jangan asal-asalan, Millens. Kalau pakai air hangat, celupkan rice paper beberapa kali saja dan jangan rendam terlalu lama. Ini bakal bikin teksturnya makin lembek. Sebaliknya, kalau kamu pakai air dingin, kamu bisa merendam beberapa saat.

(Baca Juga: Seri Kuliner Asia Tenggara: Vietnam, Padukan 5 Elemen Rasa dan Indra!)

Hm, sudah tahu cara menggunakan rice paper yang benar, kan? Sekarang, kamu mau berkreasi apa dengan "kertas" pembungkus ini? (IB15/E03)