Goodfellas Resto, Bangunan Cagar Budaya Bekas Rumah Saudagar Kaya Semarang Thio Thiam Tjong

Goodfellas Resto, Bangunan Cagar Budaya Bekas Rumah Saudagar Kaya Semarang Thio Thiam Tjong
Goodfellas Resto. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Restoran Goodfellas Semarang resmi dibuka pada 2015, menawarkan desain interior klasik yang didukung bangunan tua berangka tahun 1920-an kreasi Herman Thomas Karsten, arsitek kenamaan Belanda yang banyak mendesain bangunan dan wilayah legendaris di Kota Lunpia.

Inibaru.id – Tak banyak yang diubah dari bangunan megah Restoran Goodfellas Semarang sejak resmi menjadi gedung cagar budaya. Hanya sedikit penambahan yang Goodfellas lakukan, tanpa mengubah struktur utama bangunan. Namun, justru inilah yang membuatnya menarik. Tua, tapi kokoh!

Jauh sebelum dibuka sebagai restoran pada 2015 lalu, Goodfellas adalah kediaman Thio Thiam Tjong, seorang saudagar keturunan Tionghoa di Semarang. Bangunan itu didesain oleh Herman Thomas Karsten, arsitek asal Belanda yang banyak mengkreasi bangunan dan wilayah legendaris di Kota Lunpia.

Berdiri sekitar 1920-an, supervisor Goodfellas Immanuel Wiwin Iriyanto mengatakan, pihaknya memang tak banyak mengubah bangunan tersebut, karena merupakan salah satu cagar budaya Semarang.

“Setelah Thio Thiam Tjong, bangunan sempat dijadikan sekolah, lalu kosong lama sekali. Nah, pada 2015 Goodfellas didirikan di sini,” tuturnya.

Goodfellas Resto. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Pihak manajerial memang tampak hanya menambahkan beberapa dekorasi dan interior, serta dinding kaca di glass house, salah satu ruangan di sana. Namun, inilah yang paling menarik. Goodfellas laiknya bangunan mewah dengan desain interior Eropa klasik.

Ada banyak ruangan yang bisa kamu kunjungi di restoran yang beralamat di Jalan Gajahmungkur Selatan No 11 itu, mulai dari pop area yang kozy dan santai, dining room yang lebih formal, dan ruangan meeting atau VIP room yang klasik banget. Kamu juga bisa ke coffee bar, glass house, wine cellar, dan modus bar yang unik.

Goodfellas Resto. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Semua ruangan tersebut instagenic banget, Millens. Ruangan yang paling sering mondar-mandir di feed Instagram adalah glass house-nya. Di sana, kamu bisa berfoto dengan latar ruangan penuh kaca, yang di baliknya adalah lanskap pepohonan hijau.

Sementara, pada malam hari glass house itu berubah menjadi berlatarkan lampu-lampu kota. Hm, yakin deh, nggak ada yang bakal menolak malam romantis menghabiskan makan malam di sini! Ha-ha.

“Pukul 10.00-21.00 glass house ditutup dan menjadi ruangan bebas rokok, tapi setelah itu hingga tutup, jendela kaca bisa dibuka dan ruangan tersebut jadi smoking area,” kata Nuel, sapaan akrab Immanuel kepada Inibaru.id.  

Goodfellas Resto. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Selain glass house, satu spot yang juga menarik untuk berfoto adalah toiletnya. Yap, kamu nggak salah baca! Toilet di Goodfellas memang didesain dengan interior yang begitu mewah dan klasik. Di toilet itu juga ada satu sofa besar berwarna hitam yang siap jadi spot berswafotomu! Ha-ha.

Modus Bar

Goodfellas Resto. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Selain bisa untuk makan dan ngopi, Goodfellas juga menyediakan minuman beralkohol buat kamu yang nggak pantang meminumnya. Nuel bilang, ada berbagi macam wine dan whisky yang berangka tahun dari 2000-an. Minuman itu bisa kamu temukan di Modus Bar Goodfellas.

“Modus Bar buka pukul 17.00 sampai 01.00 WIB,” kata Nuel.

Nah, buat kamu yang pengin hiburan dan lebih dari sekadar makan di Goodfellas, ada baiknya kamu datang setelah pukul 21.00, karena mereka bakal menyajikan pertunjukan musik live selepas waktu tersebut. Sementara, khusus akhir pekan, kamu juga bakal ditemani pertunjukan DJ yang siap bikin malammu kian seru!

Hm, berkunjung ke Goodfellas sepertinya nggak cuma bakal bikin perutmu kenyang. Hati riang, galeri Instagram juga dijamin bakal lebih berwarna! Ha-ha. (Verawati Meidiana/E03)

 

Goodfellas Resto

Kategori      : Kafe, Restoran, dan Bar.

Alamat        : Jalan Gajah Mungkur Selanan Nomor 11, Semarang Jawa Tengah.

Jam Buka    : 10.00 - 01.00 WIB

Harga Menu : Rp 15.000 s.d. Rp 195.000