Resolusi 2020, Perbaiki Makananmu!

Resolusi 2020, Perbaiki Makananmu!
Resolusi 2020. (Time) 

Setahun sudah berlalu, sudah jadi apa kamu? Jika bingung memikirkan bakal seperti apa selanjutnya, mungkin kamu butuh liburan ditemani kopi, sepotong senja pergantian tahun, dan jurnal di tangan untuk menuliskan resolusimu.

Inibaru.id - Nggak sedikit anak muda yang merasa takut menghadapi masa depan. Bahkan, nggak jarang mereka memilih menyerah dan mengikuti arus saja. Padahal, hidup terlalu sayang untuk dilewatkan hanya dengan hanyut, karena kita butuh berpegangan pada mimpi.

Hm, mimpi, terasa begitu berat! Namun, bukan berarti hal itu nggak bisa dicapai. Menyusun rencana setahun ke depan mungkin bisa kamu jadikan sebagai langkah nyata menjelang pergantian tahun ini, Istilah kerennya: Resolusi!

Oya, kalau tahun ini kamu merasa kondisi badanmu kurang fit, satu hal yang mungkin perlu kamu masukkan daftar resolusimu setahun mendatang adalah memperbaiki pola makan. Ide apa saja yang bisa kamu lakukan?

Kurangi Fast Food

Kurangi ini ya! (Editorchoice)
Kurangi ini ya! (Editorchoice)

Eits, bukan berarti semua fast food itu buruk. Namun, kebanyakan dari makanan tersebut memang "jahat" bagi kesehatanmu.

Sesekali, makan makanan cepat saji nggak masalah. Namun, kalau kamu melakukannya setiap hari, itu bakal jadi persoalan serius. Mungkin bukan sekarang, tapi tahun-tahun mendatang.

Nah, barangkali sekaranglah saatnya kamu mengurangi fast food dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat serta mampu diserap tubuh secara sempurna.

Perbanyak Serat

Sayur dan buah untuk memperbanyak serat tubuh. (Harvard Health)
Sayur dan buah untuk memperbanyak serat tubuh. (Harvard Health)

Buah dan sayur adalah sumber serat pada tubuh. Setelah mengurangi makanan cepat saji, mungkin kamu perlu meningkatkan asupan tubuhmu dengan serat. Ini penting untuk mengatasi pelbagai masalah pencernaan yang mungkin sering menderamu sebelumnya.

Pola Makan Teratur

Makan tepat waktu. (Medictips)
Makan tepat waktu. (Medictips)

Sesehat apapun makanan yang kamu konsumsi bakal percuma kalau kamu nggak menerapkan pola makan yang teratur. Memenuhi waktu makan dengan pola gizi seimbang bakal menjadi resolusi yang pas buat kamu yang pengin hidup lebih sehat tahun depan.

Gimana, menarik, bukan? Sekarang, mulailah membuat resolusi, catat di jurnal, dan pastikan hal itu kamu tepati setahun mendatang. (IB20/E03)

Tags : #Resolusi2020