Meracik Egg Roll Labu, si Renyah yang Rapuh dari Cepu

Waluh merupakan jenis tanaman rambat yang cukup mudah ditemukan di Blora. Selain kerap digunakan untuk campuran membuat kolak, tanaman ini juga menjadi bahan dasar pembuatan kue kering gulung khas Kecamatan Cepu, Blora, yang dikenal sebagai egg roll waluh.

Meracik <em>Egg Roll</em> Labu, si Renyah yang Rapuh dari Cepu
Mirip kue semprong, egg roll disukai segala kalangan usia. (Okezone)

Inibaru.id – Kue kering gulung berbahan dasar labu kuning menjadi salah satu penganan yang mungkin perlu kamu cicipi saat berkunjung ke Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Bentuknya seperti kue semprong, tapi berdiameter seukuran wafer stik, dengan tekstur yang renyah tapi rapuh.

Masyarakat Cepu menyebutnya egg roll waluh. Dalam bahasa Jawa, waluh berarti labu kuning. Seperti namanya, kue yang mulai banyak dipasarkan di Blora dan sekitarnya ini menjadikan waluh atau labu sebagai bahan utama, yang dicampur dengan tepung terigu, telur, mentega, susu bubuk, dan santan.

Proses mencetak egg roll. (Chamilankhasindonesia.blogspot)

Egg roll waluh diproduksi dalam skala rumahan. Untuk membuatnya, telur dan gula, dicampur menggunakan mixer. Agar mengembang, adonan kemudian diberi pengembang kue. Lalu, santan, susu, tepung terigu, mentega, dan labu yang telah dilumatkan, ditambahkan.

Setelah bercampur, adonan dicetak pada loyang, kemudian digulung menggunakan alat khusus hingga matang. Hm, nggak sulit membuatnya, bukan?

Variasi Warna dan Rasa

Jika kurang puas dengan varian ori, kamu juga bisa berinovasi pada egg roll waluh dengan menambahkan variasi rasa atau warna. Sebelum adonan dicetak, kamu bisa memberi varian tertentu, misalnya rasa stroberi atau cokelat, sesuai selera.

Tanpa perlu menggunakan pengawet buatan, egg roll waluh bisa bertahan hingga 3-4 bulan asalkan disimpan dengan benar. Kamu bisa menyimpannya dalam toples yang ditutup rapat atau membungkusnya dengan plastik khusus yang kedap udara.

Kue ini semakin enak jika ditemani secangkir teh hangat. (Craftlog)

Kudapan ini sangat cocok disajikan bersama minuman hangat macam susu, teh, atau kopi kothok khas Cepu. Kamu bisa memakannya langsung atau mencelupkan egg roll ke dalam minuman hangatmu. Eits, tapi jangan kelamaan mencelupnya karena kue kering ini cukup rapuh!

Duh, ngomongin soal rapuh, remahan egg roll yang tersisa di toples bisa juga kamu olah menjadi dessert yang lezat, lo. Kombinasikan saja dengan es krim, cokelat, atau susu! Yang penting, jangan kombinasikan dengan hati yang sedang rapuh, ya! Ha-ha. (MG26/E03)