Rendang di Antara Sajian Kuliner Internasional di Jerman

Menjadi satu-satunya wakil Indonesia di Anuga 2017, Sumbar bakal bawa Rendang dan kesenian daerah ke ajang kuliner internasional itu.

Rendang di Antara Sajian Kuliner Internasional di Jerman
Makanan khas Sumatera Barat (Sumbar), Rendang, yang akan diikutsertakan dalam festival kuliner internasional Anuga 2017 di Cologne, Jerman, 7-11 Oktober mendatang (Foto: Shutterstock)

Inibaru.id – Aih, betapa beruntungnya Sumatra Barat (Sumbar)! Akhir pekan ini, provinsi yang beribukota di Padang itu bakal ikut dalam Allgemeine Nahrung Genussmittel Austellung (Anuga) 2017. Dari Indonesia, hanya produk unggulan UKM asal Sumbar saja yang diikutkan dalam pameran yang digelar pada 7-11 Oktober mendatang itu.

"Ya, Sumbar menjadi satu-satunya provinsi yang diundang ikut pameran ini. Karena itu, kami akan manfaatkan semaksimal mungkin," ungkap Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, di Padang, sebagaimana dikutip dari Antara.

Perlu diketahui, Anuga merupakan salah satu pameran makanan dan minuman internasional terbesar di dunia. Festival ini pastilah bergengsi. Beragam kuliner tentu bakal dipamerkan dalam ajang yang akan berlangsung di Koln, Jerman ini.

Baca juga: Berharap Terobos Pasar Makanan di Eropa, Ditjen Industri Pangan Akan Ikuti Pameran ANUGA 2017 di Jerman

Makanan khas Sumbar, Rendang, dipastikan bakal menjadi menu kuliner primadona yang akan disajikan perwakilan Indonesia. Selain rendang, sejumlah makanan lokal lain juga bakal diikutsertakan.

Tim dari Sumbar juga direncanakan menampilkan sejumlah kesenian daerah. Irwan berharap, makanan dan kesenian daerah itu bisa jalan bagi masyarakat internasional untuk mengenal Sumbar.

"Tentu saja diharapkan mereka akan terpancing untuk mengenal lebih jauh tentang Sumbar dan tertarik untuk datang," ungkapnya.

Tidak hanya mempromosikan daerah, rombongan yang salah satu unsurnya adalah tim investasi, juga akan menjajaki kemungkinan investasi dengan pemerintah maupun perusahaan swasta di Jerman.

"Tim investasi akan mengunjungi sejumlah kota di sela-sela kegiatan Anuga. Hal ini sebagai upaya kerja sama investasi," terang dia.

Baca juga: Masakan Indonesia Jadi Primadona Dalam Festival di Slovakia

Baca juga: Kuliner Indonesia Segera Goyang Lidah Australia di Spring Festival

Beberapa anggota DPRD Sumbar juga akan ada dalam rombongan. Terkait hal ini, Irwan mengatakan, keberadaan mereka juga penting untuk menyamakan persepsi dalam hal investasi.

Adapun jumlah personel yang akan diikutsertakan dalam tim Anuga dari Sumbar 20 orang. Kepala Dinas Penanaman Modal (DPM) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sumbar, Maswar Dedi, mengatakan, tim itu terdiri atas sejumlah kepala dinas, DPRD, dan tim kesenian.

Kepala dinas yang berangkat antara lain Kepala Dinas Koperindag dan UMKM, Dinas Pariwisata, Bappeda, Dinas Pendapatan dan Keuangan, dan DPM. Sementara dari DPRD, yang berangkat empat orang. (GIL/SA)