Rekomendasi Warung Tumpang Koyor di Salatiga

Rekomendasi Warung Tumpang Koyor di Salatiga
Koyor di Salatiga. (Instagram/aansoenoe)

Di Salatiga ada satu kuliner khas yang harus banget dicoba. Yap, tumpang koyor! Berikut ini adalah rekomendasi warung tumpang koyor di Salatiga! 

Inibaru.id – Kota Salatiga merupakan tempat yang sering didatangi pelancong. Nah, nggak heran kalau kota ini punya banyak menu kuliner khas yang patut untuk dicoba. Salah satunya, menu tumpeng koyor Salatiga!

Kalau kamu penasaran pengin menjajal kuliner ini, kamu bisa menemukan tumpeng koyor di berbagai tempat. Namun, untuk memudahkanmu menemukan tempat mana yang dituju, cobalah tempat-tempat ini.

Warung Bu Sumiah

Warung Bu Sumiah. (Iradiofm)
Warung Bu Sumiah. (Iradiofm)

Tumpang koyor legendaris buatan Bu Sumiah ini dijual di Jalan Kesambi, Salatiga, tepatnya di depan Toko Waringin. Lapaknya buka mulai pukul 05.30 sampai 10.00 WIB.

Banyak pilihan mendu yang disajikan di Warung Bu Sumiah. Kalau makan di tempat, tumpang koyor disajikan dengan piring pincuk dari daun pisang.

Pondok Dahar Mbah Rakinem

Tumpang Koyor Mbah Rakinem. (Foursquare)
Tumpang Koyor Mbah Rakinem. (Foursquare)

Kalau pengin menyantap tumpeng koyor di tempat yang lebih nyaman, Pondok Dahar Mbah Rakinem bisa jadi tujuanmu. Lokasi tempat makan yang buka pada 07.00-10.00 WIB ini berada di Jalan Nakula Sadewo III, Kembang Arum, Salatiga.

Rumah makan tersebut cukup legendaris karena sudah ada sejak 1970-an. Tempat ini juga terkenal dengan menu olahan dagingnya yang empuk karena menggunakan tulang muda dan mulut sapi.

Ayam Goreng dan Tumpang Koyor Bu Yusro

Tumpang Koyor Bu Yusro. (Dimanaja)
Tumpang Koyor Bu Yusro. (Dimanaja)

Menyantap tumpang koyor didampingi menu lainnya juga enak, lo! Nah, rumah makan Bu Yusro di Jalan Lingkar Salatiga (JLS) ini punya hidangan tumpang koyor yang cukup lengkap.

Selain menyajikan tumpang koyor, rumah makan ini juga menyajikan ayam goreng sebagai menu andalannya. Ayam gorengnya sangat empuk dengan perpaduan bumbu rempah yang gurih. Selain itu, ada sate jeroan yang cocok disantap dengan nasi tumpang koyor.

Jangan lupa untuk memesan teh manis panas untuk menambah kenikmatan santapanmu. Sebelum pulang, kamu dapat membeli oleh-oleh makanan ringan khas Salatiga yang disediakan tempat makan yang buka pada pukul 7.00-20.00 WIB tersebut.

Sambal Tumpang Koyor Banjaran

Sambal Tumpang Koyor Banjaran. (Willybrodus Yudha)
Sambal Tumpang Koyor Banjaran. (Willybrodus Yudha)

Saat melintasi daerah Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Salatiga, sempatkan mampir di rumah makan sambal tumpang koyor banjaran. Rasanya yang enak dan mantap selalu menjadi incaran pelancong saat datang ke kota ini.

Harga seporsinya sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 35 ribu. Rumah makan ini buka pukul 07.00-15.00 WIB.  

Nah, itulah beberapa rekomendasi warung tumpeng koyor di Salatiga. Jangan lupa mampir kalau ke Salatiga ya! (IB07/E03)