Rekomendasi: 5 Kuliner Khas Kendal yang Patut Kamu Coba

Ada banyak makanan yang bisa kamu nikmati di Kendal. Apa saja? Coba cek di sini.

Rekomendasi: 5 Kuliner Khas Kendal yang Patut Kamu Coba
Sate bumbon (graved.com)

Inibaru.id – Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, memiliki beberapa ragam kuliner yang patut kamu coba. Kamu bisa mencicipi sate bumbon, momoh, hingga brongkos akan menggoyang lidahmu.

Sate Bumbon

Sate bumbon (visitkabkendal.com)

Manis dan gurih, itulah rasa sate bumbon. Rasa manis dan gurih itu diperoleh dari bumbunya yang kaya akan rempah. Selain itu, dagingnya pun bukan daging ayam atau kambing, melainkan daging sapi. Meski dari daging sapi, rasanya nggak alot, lo. Supaya kenyang, sate bumbon cocok kamu santap bersama lontong.

Baca juga:
Olahan Tiram, Wisata Kuliner Enak di Pulau Tiban
Pengin Mi Ongklok tapi Nggak Bisa ke Wonosobo? Beli Mi Ongklok Instan Saja!

Momoh

Momoh(adaapasih.blogspot.com)

Momoh (adaapasih.blogspot.com)

Momoh adalah kuliner berbahan dasar jeroan sapi. Proses memasaknya cukup lama, sekitar tiga jam, dengan kuali dari tanah liat dicampur bumbu seperti garam, gula merah, bawang putih, dan daun salam. Untuk menikmati momoh, kamu bisa memilih mau yang berkuah atau goreng. Sebagian orang biasanya memilih momoh goreng karena bisa dimakan bersama nasi pecel atau soto. O, iya, makanan ini juga dikenal sebagai makanan penambah stamina, lo.

Mangut Lele

mangutlele(pengusahasukses.com)

Mangut lele(pengusahasukses.com)

Lele biasanya hanya digoreng untuk disandingkan bersama sambal. Namun di Kendal ikan ini diolah menjadi bahan utama mangut. Meski saat ini jarang ditemui, namun rasa pedas makanan ini layak kamu coba. Selain pedas, mangut lele juga memiliki rasa yang gurih.

Brongkos

brongkos(diah.didi.com)

Brongkos (diah.didi.com)

Nggak hanya namanya yang unik, rasanya pun unik. Brongkos adalah sayur berkuah santan ini yang isinya kacang tolo dan irisan daging sapi empuk. Dikutip dari Kompas.com, bumbu yang digunakan pun cukup banyak seperti bawang merah, bawang putih, merica, kunir, jahe, lengkuas, cabe, dan kluwek. Supaya merasuk, butuh waktu sekitar dua jam untuk mengolah makanan ini.

Baca juga:
Mencicip Kelezatan Penganan di Lima Warung Makan di Temanggung
Senyaman Rumah Bergaya Belanda, Seperti Itulah Tekodeko Koffiehuis

Rica-Rica Menthog

rica-ricamenthog(resepku.blogspot.co.id)

Rica-rica menthog (resepku.blogspot.co.id)

Pedas, asin, manis, gurih. Itulah perpaduan rasa dari rica-rica mentok khas Kendal. Perpaduan rasa tersebut diperoleh dari kecap, jahe, laos, daun salam, dan daun jeruk yang menjadi bumbu utamanya. Nggak seperti daging itik petelur, daging mentok dalam olahan ini memiliki rasa yang kuat dan nggak berbau. Nggak seperti mangut lele yang sudah jarang ditemui, rica-rica menthog ini banyak dijual di rumah makan-rumah makan.

Tertarik menikmatinya, Millens? Kamu harus keliling Kendal dulu karena kuliner di atas nggak dijual di satu tempat. Hitung-hitung, sambil menyelam minum air. Sambil wisata kuliner, mengeksplorasi Kendal. (IB15/E02)