Mudah Ditemukan di Jawa Tengah, Sup Hitam Ini Selalu Menggugah Selera

Mudah Ditemukan di Jawa Tengah, Sup Hitam Ini Selalu Menggugah Selera
Rawon. (beritalive.com)

Berasal dari Jawa Timur, rawon kini menjadi makanan favorit di Jawa Tengah. Pernahkah kamu mencicipi masakan berwarna hitam pekat ini? Hm, kulik yuk ada bumbu apa saja di balik kelezatan rawon!

Inibaru.id – Rawon! Mendengar kata ini, kamu mungkin otomatis akan teringat kuah kecokelatan dengan potongan daging sapi. Ya, dari tampilannya saja, rawon sudah menggugah selera makan. Rempah-rempah yang terkandung dalam masakan ini pun menjadikan rasanya khas. Nggak salah kalau banyak orang menggemari rawon.

Kuah kecokelatan rawon berasal dari biji keluak. Selain biji keluak, bumbu-bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, cabai, jahe, dan ketumbar turut memberi rasa dalam masakan ini.

https://i1.wp.com/resepkoki.id/wp-content/uploads/2016/02/Resep-Rawon.jpg?resize=648%2C380&ssl=1

Rawon. (resepkoki.id/)

Untuk membuat rawon, semua bumbu dihaluskan lebih dulu. Setelah halus, barulah bumbu dimasukkan dalam rebusan daging sapi. O iya, supaya empuk, daging sapi perlu direbus sebanyak dua kali ya. Jangan lupa pula untuk menambahkan garam, gula, dan serai agar rasanya makin yahui.

Sudah matangkah rawonmu? Hm, sebelum mengambil piring, nggak ada salahnya menyiapkan sajian pendamping seperti kerupuk dan tempe goreng ke dalam piringmu. Dengan menaburkan kecambah, tampilan rawon pun kian menggoda. Duh, jadi pengin makan rawon nih. (IB15/E03)