Rasanya Khas, 4 Kuliner Tradisional Dusun Tembi Yogyakarta Ini Harus Dicoba

Rasanya Khas, 4 Kuliner Tradisional Dusun Tembi Yogyakarta Ini Harus Dicoba
Sagon, salah satu kuliner khas Dusun Tembi. (jogjapedia.id)

Dusun Tembi memiliki beberapa kuliner yang menggoda selera. Kamu yang gemar mengeksplor rasa, sebaiknya mencoba makanan dan minuman khas dusun ini. Hm, ada apa saja sih di sana?

Inibaru.id – Liburan nggak hanya jadi momen mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Liburan juga menjadi momen memanjakan lidah dengan mengeksplorasi aneka kuliner yang menggoda. Segala kenikmatan ini tentu saja bisa kamu dapatkan di Yogyakarta.

Selain kaya objek wisata yang menarik, kuliner Yogyakarta juga kaya kuliner yang unik. Dusun Tembi di Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, adalah salah satu tempat yang patut kamu sambangi.

Kuliner di dusun ini memiliki ciri khas yang bisa bikin kamu nagih, lo. Berikut empat kuliner khas Dusun Tembi yang sebaiknya kamu cicipi.

Wedang Rempah

Sesuai namanya, wedang ini menggunakan pelbagai jenis rempah yakni jahe, kencur, temulawak, dan lain-lain. Orang Jawa biasanya menyebut minuman ini sebagai jamu.

Dipadukan dengan gula jawa, wedang rempah nggak hanya menyehatkan, namun juga memberi sensasi nggak biasa di lidah. Terdapat pelbagai jenis wedang rempah yang bisa kamu coba jika berkunjung ke dusun ini.

Sagon

Sagon menjadi kuliner khas berikutnya Dusun Tembi. Kue dengan rasa manis ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kelapa dan gula.

Bancakan

Bancakan merupakan panganan dalam bentuk sesajen. Biasanya, bancakan menggunakan daun pisang sebagai alas makanan. Yang membedakan bancakan di sana tentu saja komposisi makanannya. Bancakan khas Dusun Tembi biasanya berisi nasi dengan labu siam, ikan gerih, dan beberapa lauk tambahan lainnya.

Jamu Gedang Kluthuk

Dalam bahasa Indonesia, gedang kluthuk berarti pisang batu. Di Dusun Tembi, buah ini diolah menjadi jamu yang konon manjur untuk mengobati sakit panas.

Sudah siap mencoba makanan dan minuman tersebut? Sebelum cus ke sana, siapkan dananya dulu ya. Ha-ha. Selamat menggoyang lidah, Millens. (IB15/E03)