BerandaKulinary
Kamis, 8 Des 2022 21:24

Rasa Dasar Nasi dan Mi Bukanlah Manis, tapi Starchy

Rasa Dasar Nasi dan Mi Bukanlah Manis, tapi Starchy

Rasa dasar nasi dan mi adalah starchy. (Instagram/Bens Gold Rice)

Selain rasa manis, asin, asam, pahit, dan umami ternyata ada rasa dasar baru yang melengkapi kelimanya, yaitu starchy.

Inibaru.id - Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh dan membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Beberapa sumber karbohidrat bisa kita dapatkan dari nasi, roti, pasta, dan mi.

Tapi kamu tahu nggak, Millens, ternyata macam-macam karbohidrat tadi memiliki rasa yang bisa bikin ketagihan, lo, yaitu starchy.

Hingga September 2016, diketahui ada lima jenis rasa dasar yang tercatat dan dikenal oleh indera pengecap, yaitu manis, asin, asam, pahit, dan umami.

Nah FYI, baru-baru ini, peneliti menemukan rasa keenam yaitu starchy. Dilansir dari Idntimes (5/12) penelitian tentang rasa starchy muncul akibat ditemukan banyaknya penggemar karbo yang nggak mengetahui kenapa mereka bisa ngefans dengan karbohidrat.

Juyun Lim selaku peneliti dari Oregan State University mengatakan bahwa rasa starchy itulah yang menjadi alasan beberapa orang lebih memilih karbohidrat kompleks.

Rasa nasi bukan manis, tapi starchy. (Kazoka30 via Lifestyle Kompasiana) 
Rasa nasi bukan manis, tapi starchy. (Kazoka30 via Lifestyle Kompasiana)

Nasi dan mi bukanlah manis, tapi starchy

Dikutip dari Republika (5/12), Lim dan rekannya mengumpulkan 22 responden yang telah mencicipi banyak makanan dari beberapa level karbohidrat yang berbeda.

Saat diujikan rasa starchy kepada 22 responden dari seluruh dunia, rasa starchy ini dijelaskan sebagai rasa yang mirip nasi oleh orang Asia dan rasa mirip pasta oleh orang barat.

Para responden percobaan rasa starchy diberikan senyawa khusus yang akan memblokir reseptor perasa manis pada lidah. Nggak hanya itu, mereka juga diberikan larutan yang akan menghalangi enzim memecah rantai karbohidrat yang bisa menimbulkan rasa manis.

Hal ini dilakukan karena penelitian sebelumnya menyatakan bahwa yang dirasakan sesungguhnya adalah rasa manis, bukan rasa karbohidrat.

Starchy terinspirasi secara bahasa dari tepung. (Instagram/Morimori Ramen)
Starchy terinspirasi secara bahasa dari tepung. (Instagram/Morimori Ramen)

Setelah melakukan pemblokiran terhadap rasa manis, ternyata responden masih bisa merasakan dan menggambarkan bagaimana rasa tepung. Hal ini membuat Lim dan rekannya menyimpulkan bahwa manusia secara khusus mampu mengenali rasa karbohidrat.

Kini, tim sedang berusaha untuk mengidentifikasi reseptor spesifik pada lidah yang bertanggung jawab menghadirkan rasa keenam ini.

Jadi, sekarang ada enam rasa dasar yang dikecap oleh lidah, yaitu manis, asin, asam, pahit, umami, dan yang terakhir adalah starchy ya, Millens. (Fatkha Karinda Putri/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved