Rainbow Pancake Manis nan Lembut, Menu Takjil Spesial ala Western

Warna-warninya dijamin akan membuat selera makanmu bangkit. Kemudian, bentuknya yang lembut akan membuatmu ingin sekali mencobanya. Yap, inilah pancake rainbow! Rasanya? Praktikkan saja sendiri. Yuk!

Rainbow Pancake Manis nan Lembut, Menu Takjil Spesial ala Western
Rainbow Pancake (wundrland.deviantart.com)

Inibaru.id - Berbuka puasa, idealnya menyantap makanan manis. Sebab kandungan gulanya dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Nah, buat kamu yang bosan dengan menu takjil seperti kolak, es buah, atau jajanan pasar yang mungkin kerap kamu konsumsi akhir-akhir ini, menu hit satu ini mungkin bisa kamu jadikan sebagai alternatif takjil. Cobalah pancake!

Ya, pancake merupakan salah satu menu ala western yang biasanya dihidangkan untuk sarapan. Laiknya sarapan, berbuka puasa juga sebaiknya dimulai dengan makanan dengan porsi kecil tapi mengenyangkan dan memberi energi. Pancake dijamin cocok banget.

Rainbow Pancake. (cookingmamas.com)

Selain gampang membuatnya, pancake juga bercita rasa manis dan lembut di mulut. Untuk menggugah selera, kamu bisa berkreasi dengan membuat pancake berwarna-warni atau yang biasa disebut rainbow pancake. Sembari menunggu berbuka, kamu bisa mempraktikkan sendiri kreasi pancakemu.

Buat kamu yang penasaran gimana, yuk simak cara membuat rainbow pancake seperti dikutip dari resepmasakannusantara.org (5/12/2017) berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok makan baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir kuning telur (kocok lepas)
  • 2 butir putih telur
  • 150 ml susu cair
  • 30 gram margarin (lelehkan)
  • 50 gram gula pasir
  • Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat:

  1. Siapkan margarin, lalu lelehkan dan biarkan agar nggak terlalu panas.
  2. Campur tepung terigu, baking powder dan garam. Ayak jadi satu dan sisihkan.
  3. Di wadah terpisah, aduk kuning telur bersama susu cair sampai merata.Setelah itu campurkan ke dalam ayakan tepung terigu sambil dikocok perlahan.
  4. Kemudian masukkan margarin yang sudah dilelehkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk perlahan.
  5. Di tempat terpisah, kocok putih telur menggunakan mixer sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
  6. Lalu masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan tepung terigu. Tuangkan sedikit demi sedikitsambil diaduk perlahan dengan sendok kayu atau solet.
  7. Bagi adonan ke menjadi beberapa bagian dan masing masing-masing adonan diberi pasta yang berbeda-beda. Aduk rata masing-masing adonan.
  8. Masing-masing adonan dimasukkan dalam plastik semprot segitiga.
  9. Siapkan wajan datar/teflon dan panaskan dengan api kecil.
  10. Setelah itu tuangkan atau semprotkan adonan pertama membentuk bulatan kecil. Disusul adonan berikutnya melingkari adonan pertama,kemudian adonan ketiga disemprotkan mengelilingi adonan kedua dan seterusnya hingga adonan terakhir.
  11. Jika adonan sudah mulai berkulit, balik dan biarkan sampai matang.
  12. Sajikan hangat lebih nikmat

Rainbow pancake. (anekamenuresep.blogspot.com)

Oya, supaya tampilan pancake pelangi buatanmu lebih menarik, kamu bisa memberi susu kental manis, madu, atau aneka buah kering di atasnya. Lalu kamu juga bisa menutupnya dengan pancake yang lain. Selain tampilannya yang menarik, rasanya juga lembut di lidah. Menggoda sekali untuk segera disantap. Yummy! (IB05/E03)