Menemukan Beragam Manfaat di Dalam Segelas Wedang Uwuh
Bahan-bahan pembuat wedang uwuh. (1000macammanfaat)

Menemukan Beragam Manfaat di Dalam Segelas Wedang Uwuh

Terbuat dari berbagai campuran rempah-rempah, wedang uwuh mampu memberi beragam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Inibaru.id – Jika diartikan secara harfiah, wedang uwuh berarti minuman sampah. Istilah ini tercipta karena banyaknya rempah-rempah yang menjadi bahan pembuatnya. Yap, campuran bahan-bahan itu terlihat seperti “sampah” di dalam air.

Meski demikian, jangan sepelekan rasa dan khasiat dalam segelas wedang uwuh. Hm, memang apa saja sih yang dapat kamu temukan pada wedang uwuh? Dalam segelas wedang uwuh, setidaknya kamu dapat menjumpai jahe, kayu secang, kapulaga, kayu manis, cengkih, daun pala, dan serai.

Sebagai pelengkap, wedang uwuh dapat dibubuhi dengan gula batu yang dijamin nggak bikin batuk. Beberapa penjaja wedang uwuh juga mulai berinovasi dengan menambahkan susu atau jeruk nipis.

Berbagai rempah dalam wedang uwuh. (Beepdo)

Perlu kamu tahu, perpaduan rempah-rempah dalam segelas wedang uwuh dapat memberi banyak manfaat bagi tubuhmu lo. Jahe, misalnya, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhmu. Jahe juga dapat membantu kelancaran peredaran darah dan membuat tubuhmu terasa hangat.

Dalam segelas wedang uwuh kamu juga dapat menemukan kayu secang yang membuat wedang berwarna kemerahan. Bahan yang satu ini dipercaya mampu meredakan batuk dan peradangan, serta melegakan pernapasan. Kayu secang juga dapat menjadi antioksidan bagi tubuh, lo.

Jahe dan kayu secang mungkin merupakan bahan utama dalam wedang uwuh. Namun bukan berarti bahan-bahan lainnya nggak memberi manfaat bagi tubuh, Millens.

Ilustrasi segelas wedang uwuh. (Njogja.com)

Konon, mengonsumsi segelas wedang uwuh mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat badan terasa lebih segar. Kamu yang sering merasa kembung dan masuk angin juga cocok banget mengonsumsi minuman hangat ini.

Nah, siapa bilang makanan dan minuman sehat harus mahal? Wedang uwuh, minuman tradisional yang sederhana ini nyatanya dapat memberi banyak manfaat yang baik untuk tubuhmu. Masih ragu untuk mencobanya? (IB10/E03)