Pilih-Pilih dari Enam Jenis Yoghurt Terfavorit Ini

Tentang yoghurt, siapa pun pasti sudah tahu betapa nikmat dan menyehatkan santapan ini.

Pilih-Pilih dari Enam Jenis Yoghurt Terfavorit Ini
Yoghurt dengan toping buah (dapurhalal.com)

Inibaru.id - Yoghurt, selain nikmat dan segar dikudap, biasanya jadi santapan favorit orang-orang yang lagi diet. Mengapa? Pasalnya, yoghurt mengandung kalsium tinggi untuk kesehatan tulang, juga kaya bakteri baik untuk memperlancar pencernaan.

Tapi tidak semua jenis yoghurt punya kandungan sama. Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya kita kenali dulu jenis-jenis yoghurt beserta manfaat-manfaatnya. Inilah enam jenis yoghurt favorit pilihan Birgitta Angie seperti dilansir IDN Times (18/10/2017).

 

1. Greek Yoghurt

 

(seriouseats.com)

Berbeda dengan yoghurt biasa, greek yoghurt bertekstur lebih kental. Ini lantaran dalam proses pembuatannya, jenis yoghurt ini mengalami penyaringan sampai tiga kali dibandingkan yoghurt biasa yang hanya dua kali. Tak hanya itu, cairannya juga dibuang dan hanya menyisakan bagian kentalnya saja. Greek Yoghurt ini mengandung protein, tinggi kalori, dan rendah karbohidrat.

Baca juga:
Ngeri Bila Madu Terkontaminasi Pestisida Pembunuh
Minuman Penuh Khasiat Ini Jadi Warisan Budaya Nonbenda

2. Low-Fat Yoghurt

 

(karouncheese.com)

Lihat namanya, kita kemungkinan berpikir ini jenis yoghurt dengan kandungan kalori lebih rendah dari biasanya. Tetapi tidak, low-fat yoghurt justru mengandung gula lebih banyak.

Pasalnya, kandungan lemak yang rendah akan membuat rasa yoghurt tidak senikmat yang full-fat. Jadi kandungan gulanya ditambahkan supaya tetap enak.

 

3. Full-Fat Yoghurt

 

(cathythomascooks.com)

Yoghurt yang full-fat tak selalu buruk. Walau kandungan kalorinya lebih tinggi, tetapi jenis ini mengandung lemak trans alami yang tidak berbahaya.

Banyak manfaat jika kita mengonsumsi yoghurt jenis ini, antara lain mengurangi peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan melawan kanker.

Baca juga:
Keren! Teknik Seduh Kopi Khas Indonesia Ini Sudah Dikenal Ratusan Tahun
Di Kanada, Makanan Berbahan Ganja Diprediksi Akan Ngetren

 

4. Non-Dairy Yoghurt

 

(godairyfree.org)

Kalau kita tidak bisa mengonsumsi produk susu, kita bisa mencoba non-dairy yoghurt. Yoghurt ini terbuat dari kacang kedelai atau kelapa, aman dikonsumsi karena tidak mengandung laktosa dan kandungan lemaknya lebih rendah. Yang vegetarian bisa mengonsumsi yoghurt ini. Hanya saja, kalsium dalam yoghurt ini sangat rendah.

 

5. Frozen Yoghurt

 

(groupon.com)

Frozen yoghurt atau lebih dikenal dengan nama Froyo. Mungkin kita sudah sering menemui saat ke mal. Froyo banyak dijual dengan aneka jenis toping yang menarik.

Dibandingkan dengan es krim, froyo mengandung gizi yang lebih baik. Kandungan probiotiknya tinggi, bagus untuk melancarkan pencernaan.

 

6. Plain Yoghurt

 

(istockphoto.com)

Jika kita ingin membuat kue dengan bahan yoghurt, plain yogurt pilihan terbaiknya. Yoghurt ini sering dikonsumsi karena tidak memiliki rasa dan tambahan gula sama sekali. Karena itu, kita akan menerima manfaat untuk meningkatkan kalori pada tubuh.

Silakan pilih sesuai selera. (EBC/SA)