Pernah Terpikir dari Mana Air Kelapa Berasal?

Pernah Terpikir dari Mana Air Kelapa Berasal?
Air kelapa di dalam buah kelapa yang keras dan tebal. Dari mana ya? (Flickr/ John Puno)

Kulit dan daging buahnya keras dan tebal. Lantas, kok bisa ada air di dalamnya. Rasanya enak dan aman dikonsumsi, pula? Ternyata, dari sini lo air kelapa berasal.

Inibaru.id – Sebagai warga negara tropis, kamu pasti pernah mencicipi setidaknya air kelapa sekali, bukan? Rasanya manis dan menyegarkan, apalagi jika ditambah dengan es batu yang dingin. Nggak hanya diminum langsung dari buahnya, banyak orang yang sengaja menambahkan sirop atau gula pada air kelapa agar membuat rasanya lebih nikmat. Tapi, kamu pernah terpikir nggak dari mana sih asal dari air kelapa?

Logikanya, dari mana coba air kelapa ini bisa masuk ke dalam buah kelapa yang keras dengan kulit yang tebal? Kalau asalnya dari air hujan, tentu nggak bisa merembes masuk ke dalam, kan? Lagipula, air kelapa aman untuk diminum secara langsung. Padahal, air ini sama sekali nggak dimasak terlebih dahulu.

Air kelapa nggak berasal dari rembesan air hujan. (Flickr/

Artem Beliaikin)
Air kelapa nggak berasal dari rembesan air hujan. (Flickr/ Artem Beliaikin)

Usut punya usut, ternyata air kelapa nggak berasal dari air hujan, lo. Air ini ternyata berasal dari endosperm. Artinya, pohon kelapa ini ternyata bisa memproduksi sendiri air kelapa. Keren ya?

Jadi begini, endosperm berasal dari kombinasi intisperma serta intipolar di dalam pohon kelapa. Setelah proses kombinasi itu, bagian pinggir endosperm berkembang menjadi bagian daging buah kelapa. Sementara itu, bagian tengahnya memproduksi air.

Air kelapa memiliki rasa yang khas karena memiliki kandungan mineral yang tinggi. Kamu bisa menemukan kalium setidaknya 17 persen dari total kandungan air buah kelapa. Selain itu, kamu juga bisa menemukan gula sebanyak 1,7 persen serta protein sekitar 0,5 persen. Kamu juga bisa mendapatkan mineral lain seperti fosfor, magnesium, natrium, sulfur, serta kalsium.

Minum air kelapa hijau dingin siang-siang memang sangat menyegarkan. (Flickr)
Minum air kelapa hijau dingin siang-siang memang sangat menyegarkan. (Flickr)

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa air kelapa tinggi kandungan vitamin, asam folat, asam pantotenal, asam nitrat, dan lain-lain. Karena alasan inilah air kelapa dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat untuk dikonsumsi.

Air Kelapa Muda atau Tua?

Kebanyakan penjual air kelapa memilih untuk menjual kelapa muda, bukannya kelapa tua. Air kelapa muda memiliki kelebihan yaitu lebih manis dan banyak. Saat kelapa semakin tua, airnya menyusut seiring penebalan daging. 

Kalau kamu, lebih suka air kelapa murni atau yang dicampur sirop atau buah, Millens? (Lin/IB09/E05)