Pernah Bertanya Mengapa Air Kendi Rasanya Dingin Seperti Air Es? Ini Jawabannya!

Pernah Bertanya Mengapa Air Kendi Rasanya Dingin Seperti Air Es? Ini Jawabannya!
Kendi. (wikimedia)

Jika kita minum air minum yang berasal dari kendi, rasanya sangat dingin seperti air es. Padahal, air sama sekali nggak diberi es. Kok bisa ya?

Inibaru.id – Kendi, pernahkah kamu minum air yang berasal dari tembikar atau kerajinan tanah liat itu? Memang, sejak peralatan plastik diproduksi, keberadaan kendi mulai tergantikan. Mungkin, nggak banyak lagi yang menjadikan kendi tanah sebagai tempat minum di rumah. 

Kamu justru bisa jadi menemukannya di restoran berkonsep tradisional Jawa atau Sunda. Padahal, kalau kamu perhatikan, biasanya rasa air yang ada di dalam kendi terasa lebih dingin, lo, persis seperti air yang baru dikeluarkan dari dalam kulkas atau lemari pendingin. Kenapa demikian?

Hal ini rupanya disebabkan oleh bahan utama sekaligus cara pembuatan kendi yang mempengaruhi suhu air yang disimpan di dalamnya.

Sebagai informasi, kendi dibuat dari tanah liat yang diolah menjadi bentuk tertentu yang kemudian dibakar agar menjadi lebih keras. Proses pembakaran inilah yang membuat kendi memiliki pori-pori berukuran sangat kecil.

Ilustrasi kendi. (Instagram/henny_andrianto)
Ilustrasi kendi. (Instagram/henny_andrianto)

Keberadaan pori-pori ini menyebabkan terjadinya penguapan atau pertukaran udara di dalam kendi dengan yang berasal dari luar kendi. Pertukaran udara kemudian diiringi dengan pertukaran suhu.

Suhu udara yang cenderung lebih dingin kemudian masuk ke dalam kendi hingga mempengaruhi suhu air di dalamnya menjadi lebih dingin.

Jika kendi memiliki pori-pori, apakah hal ini berarti air di dalamnya bisa merembes keluar? Kalau kamu cermati, biasanya di bawah kendi ditempatkan semacam wadah seperti piring. Nah, wadah ini menampung air yang merembes keluar kendi. Jumlahnya nggak banyak, tapi bisa bikin meja basah.

Nggak hanya dingin menyegarkan, konon, air minum yang disimpan di dalam kendi lebih sehat, lo. Bahkan, meski kamu sedang batuk, air kendi yang dingin masih jauh lebih aman diminum dibanding air es atau air yang ditempatkan dalam kulkas.

Air kendi juga cenderung bersifat basa karena disimpan di dalam tanah liat. Hal ini akan membantu menjaga keasaman di dalam perut. Imbasnya, sistem kekebalan tubuh akan semakin membaik dan tubuh pun akan semakin sehat.

Jadi, nggak ada salahnya, lo, kalau kamu memiliki kendi di dalam rumah. Dijamin, nanti air yang kamu minum jadi lebih menyegarkan dan lebih sehat, Millens! (Geo/IB09/E03)