Pengin Menjadi Seorang Vegetarian? Yuk, Kenali Dulu 6 Tipe Ini

Pengin Menjadi Seorang Vegetarian? Yuk, Kenali Dulu 6 Tipe Ini
Menjadi vegetarian. (Hellosehat.com)

Menjadi vegetarian ternyata nggak cuman memakan sayuran saja, loh. Beberapa tipe vegetarian ada yang masih mengonsumsi telur atau susu. Nah, kira-kira kamu termasuk yang mana, ya?

Inibaru.id – Hidup sehat menjadi dambaan bagi setiap orang. Konon, selain menghindari datangnya penyakit di dalam tubuh, gaya hidup yang sehat juga bisa memperpanjang usia. Salah satu caranya adalah dengan beralih menjadi vegetarian yang hanya makan buah dan sayur saja sebagai menu utama.

Namun, vegetarian ternyata nggak sesederhana itu. Vegetarian juga punya banyak tipe, yang dibedakan dari jenis dan jumlah produk hewani yang dikonsumsi.

Flexitarian

Menu Flexitarian. (heartsandmindspurehealth.com)

Tipe ini biasanya dijalani seorang "penganut" pemula, karena flexitarian baru mengurangi konsumsi daging, tidak menghindarinya. Jadi, vegetarian tipe ini masih makan daging ayam, ikan, dan produk hewani lainnya, meski hanya sesekali. Tipe ini cocok untuk kamu yang baru belajar menjadi vegetarian.

Lacto Vegetarian

Menu Lacto Vegetarian. (perthroyalshow.com.au)

Tipe vegetarian satu ini sama sekali nggak mengonsumsi jenis daging dari hewan apapun (daging merah, daging unggas, dan ikan), serta telur. Namun, lacto vegetarian masih mengonsumsi olahan produk turunan dari hewan, misalnya susu, mentega, keju, dan yoghurt.

Ovo Vegetarian

Menu Ovo Vegetarian. (bookculinaryvacations.com)

Hampir mirip dengan lacto vegetarian yang nggak mengonsumsi daging, ovo vegetarian juga melakukan hal yang sama. Bedanya, ovo vegetarian nggak minum susu dan turunannya, tapi masih makan telur sebagai sumber protein.

Lacto-Ovo Vegetarian

Menu Lacto-Ovo Vegetarian. (tripadvisor.co.uk)

Dari namanya, tipe vegetarian ini merupakan gabungan dari Lacto dan Ovo. Tipe ini nggak mengonsumsi segala jenis daging, tapi masih mengonsumsi makanan dari olahan susu dan telur.

Pesca Vegetarian

Menu Pesca Vegetarian. (flickr.com)

Tipe pesca vegetarian nggak mengonsumsi daging merah atau unggas, tapi masih mengonsumsi telur, susu, dan daging ikan.

Vegan

Menu Vegan. (alzdiscovery.org)

Nah, tipe vegetarian ini cukup ketat, Millens. Bagi seorang vegan, menjadi vegetarian nggak cuma untuk tubuh, tapi juga jiwa. Jadi, tipe ini sama sekali nggak mengonsumsi segala jenis makanan yang bersumber dari hewan, baik dari daging, telur, susu, dan olahan lainnya.

Nggak berhenti di situ, sejumlah penganut tipe ini bahkan nggak bersedia menggunakan produk-produk yang terbuat dari kulit hewan atau yang memanfaatkan hewan sebagai objek percobaan.

Fruitarian

Menu Fruitarian. (alivebynature.com)

Vegetarian tipe ini bisa dibilang lebih berat dari vegan, karena penganutnya hanya mengonsumsi buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Biasanya mereka pengin mengonsumsi yang kaya vitamin E dan berguna untuk kecantikan kulit serta membuat awet muda.

Bagi yang sedang berdiet ketat, tipe ini biasanya menjadi pilihan mereka.

Raw Foodist

Menu Raw Foodist. (shawacademy.com)

Tipe raw foodist merupakan tipe vegetarian yang agak berbeda dengan tipe lainnya. Tipe itu mengonsumsi makanan yang mentah saja atau makanan yang dimasak di bawah suhu 40 derajat Celsius. Ini karena tipe Raw Foodist menganggap proses memasak makanan bisa merusak berbagai zat alami yang ada di dalam makanan.

Nah, itulah beberapa tipe vegetarian yang perlu kamu tahu. Bagaimana pun, menjadi vegetarian jenis apapun dapat menyehatkan tubuh. Namun, perlu diingat, ya, Millens, mau jadi vegetarian atau enggak, yang penting kebutuhan gizi terpenuhi. Sepakat? (IB07/E03)