Pengin Masakanmu Jadi Lebih Sedap? Gunakan Empat Rempah Ini, yuk!

Pengin Masakanmu Jadi Lebih Sedap? Gunakan Empat Rempah Ini, yuk!
Aneka rempah. (Mdvip)

Selain menjadi pengawet alami, bukan rahasia lagi rempah-rempah bisa menjadi penyedap masakan yang andal. Apa saja rempah-rempah ini? Hm, masakanmu akan lebih enak kalau ditambahkan empat jenis rempah-rempah ini, lo.

Inibaru.id – Masakan Indonesia kaya akan bumbu. Rempah-rempah nggak jarang menjadi salah satu komponen dalam bumbu itu.

Selain bikin aroma masakan lebih khas, rempah-rempah juga bikin masakan lebih lezat. Yuk, kulik dulu empat contoh rempah itu!

Bunga Lawang

https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/09/manfaat-bunga-lawang.jpg

Bunga lawang. (Hellosehat)

Bunga lawang kerap disebut pekak. Rempah ini mungkin sekilas mengingatkanmu pada adas manis. Bunga lawak sering digunakan saat memasak kari, gulai Aceh, dan rendang.

Selain bikin masakan lebih sedap, bunga dengan nama latin Illicium verum ini juga bikin aroma makin terasa.

Kemukus

https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2018/8/2/2552852/2552852_22f73581-6b37-4256-8242-e4c4c346d4ad_720_480.jpg

Kemukus. (Tokopedia)

Kemukus kerap digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Rempah ini juga konon bisa mencegah penyakit kanker. Untuk keperluan memasak, kemukus biasanya dijual dalam kondisi kering.

Kayu Secang

https://www.deherba.com/wp-content/uploads/2018/10/kayu-secang.jpg

Kayu secang. (Deherba)

Kamu sedang diare? Hm, gangguan ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi wedang uwuh. Wedang umuh dibuat dari kayu secang yang mengandung antioksidan. Selain obat diare, kayu secang juga digunakan untuk menambah aroma masakan.

Andaliman

https://i1.wp.com/resepkoki.id/wp-content/uploads/2018/01/andaliman.jpg?fit=1600%2C1447&ssl=1

Andaliman. (resepkoki.id)

Familiar dengan rempah ini? Sebagian orang mungkin asing dengan andaliman sebagai bumbu masak. Padahal, rempah ini sering digunakan dalam masakan Batak. Saking identik dengan masakan Batak, orang-orang umumnya menyebut rempah ini sebagai merica Batak.

Dengan segala manfaatnya, mungkin akan lebih baik kalau kamu mulai mengganti penyedap sintetismu dengan rempah-rempah. Selain tetap enak, rempah-rempah juga bikin tubuhmu lebih sehat kok. Sepakat? (IB15/E03)