Pegagan dan Kenikir, Tanaman Liar yang Enak Dijadikan Salad dan Sup

Pegagan dan Kenikir, Tanaman Liar yang Enak Dijadikan Salad dan Sup
Daun kenikir. (Viver Health)

Lidah mungkin belum terbiasa dengan kuliner berbahan utama daun pegagan dan kenikir. Tapi, saat menjadi olahan masakan, kedua tanaman yang biasanya tumbuh liar ini nggak kalah enak dan bergizi.

Inibaru.id - Keberadaan tanaman liar sering kali dianggap mengganggu. Nggak jarang orang akan memangkasnya sampai habis. Tapi kamu jangan buru-buru membabat semua tanaman liar itu, Millens! Sebab ada beberapa tanaman liar tapi sejatinya mempunyai kandungan gizi yang nggak main-main. Contohnya kenikir dan pegagan.

Daun Pegagan. (Pengobatantradisional)

Santhi Serad, pendiri Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) sekaligus pencinta tanaman herbal Indonesia menyatakan bahwa tumbuhan liar berupa daun kenikir dan pegagan adalah tumbuhan yang baik untuk dikonsumsi. Apakah ini terdengar aneh atau kamu justru sudah pernah mendengarnya?

Kamu penasaran nggak gimana resepnya? Nih, ada resep uenak buat kamu coba. 

Salad Pegagan

Salad pegagan atau gotu kola salad. (Agourmetstory)

Menurut perempuan yang juga aktif di Dewan Rempah Indonesia ini, salad pegagan terinspirasi dari urap pegagan. Isian saladnya meliputi pagagan segar, kelapa parut yang sudah dibakar, irisan cabai, bawang goreng, perasan jeruk nipis, irisan mangga, jeruk bali, kacang tanah goreng, remahan kulit lumpia goreng dan tempe panggang. Semua bahan tersebut dicampur jadi satu hingga menghasilkan tekstur renyah daun pegagan yang bertemu dengan rasa asam dari jeruk dan mangga.

Sup Kenikir

Sup Kenikir ala Santhi Serad. (Detik)

Sup penghangat badan bisa juga kamu buat dari daun kenikir. Santhi meracik sup dengan cara mencampur daun kenikir, kaldu, ceker ayam, bawang bombay, bawang putih, jahe, dan merica. Jika sudah tercampur, terakhir masukkan krim segar dan roti supaya sup mengental. Hasil akhirnya adalah sup segar dengan aroma yang khas dengan warna hijau cantik. Hm, yummy.

Millens, kedua resep tadi mungkin masih terkesan asing di lidah. Tapi dengan banyak mengonsumsi daun pegagan dan kenikir, maka badan akan merasakan manfaatnya karena keduanya adalah tumbuhan kaya antioksidan. Yuk ah, bikin! (IB20/E05)