Pedas dan Manisnya Satai Jamur Kancing ala Vegetarian

Jamur adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam mengolah masakan vegetarian. Mulai dari sop hingga satai bisa dibuat dari bahan ini. Penasaran seperti apa enaknya satai jamur? Yuk, intip resepnya di sini!

Pedas dan Manisnya Satai Jamur Kancing ala Vegetarian
Satai jamur kancing pedas manis untuk vegetarian. (Vemale.com)

Inibaru.id – Kamu yang menjalani gaya hidup vegetarian alias nggak makan daging tentu harus punya banyak referensi resep. Kendati nggak mengonsumsi daging, ada banyak sumber protein nabati yang bisa kamu olah dengan rasa yang nggak kalah dari daging, lo. Nah, jamur juga bisa menjadi andalanmu.

Salah satu jenis jamur yang bisa diolah menjadi beragam kuliner adalah jamur kancing. Seperti namanya, bentuk jamur ini hampir bulat menyerupai kancing. Warnanya putih bersih, krem, dan cokelat madu. Saking enaknya, konon jamur ini menjadi yang paling banyak dibudidayakan di dunia, lo.

Jamur kancing juga dipercaya kaya antioksidan, protein, vitamin B, kalium, vitamin D, dan tembaga yang berguna untuk tubuhmu. Jadi, nggak salah kalau banyak orang menggunakan jamur sebagai bahan masakan.

Pengin menyantap jamur kancing? Yuk, bikin satai jamur kancing pedas manis. Resep satu ini gampang banget dibikin, kok.

Bahan:

  • 100 gram jamur kancing, iris tipis
  • Tusuk satai
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 butir kemiri
  • 1 sdt margarin
  • ½ sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Iris jamur tipis-tipis dan sisihkan. Setelah itu, haluskan bumbu oles dan susun irisan jamur pada tusuk satai.
  2. Oleskan bumbu oles pada satai jamur hingga merata, kemudian rendam selama 15 menit agar bumbunya meresap. Sembari menunggu, siapkan teflon atau pemanggang. Setelah bumbu meresap, panggang hingga matang.
  3. Supaya nggak alot, jangan kelamaan memanggangnya ya, Millens.
  4. Setelah matang, angkat dan hidangkan bersama saus kacang.

Gimana, gampang kan? Hm, bergizi pula! Makan satai jamur ini nggak cukup kalau hanya satu tusuk, jadi saat belanja pastikan kamu membeli stok yang agak banyak, ya! He-he. (IB15/E03)