Ke Magelang, Seruput Sup Senerek Dulu Ya...

Magelang punya sup istimewa dan legendaris warisan zaman Belanda. Kesegaran kuah dan isiannya bikin ngiler siapa saja.

Ke Magelang, Seruput Sup Senerek Dulu Ya...
Sup senerek. (rasasayange.co.id)

Inibaru.id –  Di Kota Magelang, ada sup legendaris tinggalan Belanda: sup senerek. Aneh?

Nama aslinya ertwensoep atau snert yang berarti “kacang polong”. Cuma lidah orang Jawa di Magelang menyebutnya “senerek”. Yang pasti, di Magelang, sup ini andalan.

Tampilan sup senerek asli menggoda banget lo, Millens. Lapisan pertama nih, ada nasi disiram kuah kaldu yang wangi banget. Lalu, lapisan keduanya ada taburan kacang merah, sayur bayam, dan wortel. Dan jangan lupa lapisan terakhir, yaitu irisan daging sapi atau ayam khas masakan sup. Bermacam-macam, kan? Bikin lidah pingin segera icip-icip saja nih.

Baca juga:
Tertarik Bikin Lompong Sagu? Ikuti Resep Ini…
Lompong Sagu, Penganan Khas Minang yang Semakin Langka

Ketika mau menikmati sup senerek, coba kamu seruput kuah supnya dulu. Wuih, segarnya jempolan. Kesegaran kuah sup senerek ini memang dari kaldu campuran iso babat atau daging ayam.

Oya, kamu juga bisa kok bikin sendiri sup senerek itu. Catat saja resep berikut ini.

Bahan yang perlu kamu siapkan: daging sapi atau ayam sesuka kamu, dipotong dadu. Untuk isian, bisa kamu siapkan kacang merah yang direndam semalaman, kentang, wortel, daun bawang, seledri, dan tomat. Sementara untuk bumbu sedapnya adalah cengkih, pala, merica, garam, gula, dan kaldu ayam. Sudah siap? Iris-iris dan nyalakan kompor!

Ketika siap, rebus atau presto dulu kacang merahnya supaya empuk dan jangan buang sarinya. Di wadah lain, haluskan pala dan merica, lalu masukkan ke dalam air rebusan daging. Nah, baru masukkan potongan daging dan masak sampai daging berubah warna. Boleh daging sapi atau ayam ya. Tips juga nih, jika Millens ingin daging cepat mempur, bisa rebus daging secara terpisah. Lalu kuahnya bisa deh dijadikan kaldu sup.  

Baca juga:
Ini Dia Tiga Resep Olahan Ayam Betutu Khas Bali
Mencicipi Soto Sasak Tulen Khas Lombok

Setelah itu, masukkan kentang dan wortel lalu tunggu hingga empuk. Seselesainya, kacang merah dan sari-sarinya tadi dicampurkan deh. Cukup masak pakai api kecil saja lo. Jangan sampai lupa juga beri bumbu-bumbu, seperti garam, kaldu bubuk, dan penyedap rasa sesuka kalian. Terakhir, masukkan irisan tomat, daun bawang, dan seledri agar masakan sup ala kalian lebih colourful dan kaya rasa. Tinggal tunggu deh sampai semua bahan menyatu.

Sip, semua sudah siap. Sup senerek siap diangkat dan disajikan. Taburkan bawang merah goreng sebagai topping biar makin komplet. Duh, pingin langsung masak-masak?  Silakan…. (YFH/SA)