Oseng Genjer di RM Muncul Jaya Ungaran, Dari Gulma Jadi Menu Istimewa
Tampilan Oseng Genjer di RM Muncul Jaya Ungaran. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Oseng Genjer di RM Muncul Jaya Ungaran, Dari Gulma Jadi Menu Istimewa

Salah satu menu andalan di RM Muncul Jaya Ungaran adalah Oseng Genjer. Tanaman gulma ini kini memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. Penasaran seperti apa rasanya?

Inibaru.id – Bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan mungkin agak asing dengan nama sayuran ini. Yap, saat ini genjer memang sudah jarang ditemui, terlebih di daerah perkotaan yang modern.

Genjer merupakan sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di persawahan. Dicky, pengelola RM Mucul Jaya mengatakan bahwa tanaman genjer dulunya dianggap sebagai hama perusak tanaman lain. Namun, genjer tetap dikonsumsi masyarakat zaman dahulu ketika nggak ada sayuran lain yang bisa didapat.

Oseng Genjer di RM Muncul Jaya Ungaran. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Oseng Genjer di RM Muncul Jaya Ungaran. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

“Genjer itu kalau orang kampung biasanya nggak dipakai karena dia jadi hama di sawah. Begitu panen selesai, banyak muncul tanaman itu. Namun, orang zaman dulu juga suka konsumsi karena susahnya bahan baku lain.” Ujar Dicky kepada Inibaru.id beberapa waktu lalu.

Nah, karena keberadaannya yang sudah mulai langka, RM Muncul Jaya yang terletak di kompleks Alun-Alun Ungaran Lama ini ingin tetap melestarikan makanan tradisional ini dengan menjadikannya salah satu menu andalan di Rumah Makan ini.

Pengunjung Menikmati Oseng Genjer di RM Muncul Jaya Ungaran. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Pengunjung Menikmati Oseng Genjer di RM Muncul Jaya Ungaran. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

“Sekarang kan sudah mulai langka,makanya kami coba mengulas kembali makanan itu, karena sebenarnya itu makanan sehat.” Terangnya.

Noormala, salah satu pengunjung asal Semarang mengaku baru pertama kali merasakan oseng genjer di sini. Menurutnya, oseng genjer memiliki rasa yang nggak jauh berbeda dengan oseng pada umumnya. Namun, ada sedikit rasa pahit di bagian kuncup bunganya.

“Rasanya mirip sama kangkung, tapi yang ini lebih kalem. Kalau bagian bunganya rasanya pahit. Tapi overall rasanya enak, kok.” tuturnya.

http://www.satuharapan.com/uploads/pics/news_73988_1490325561.jpg

Tanaman genjer ternyata kaya serat. (thebiggestplantdictionary)

Kendati nggak memiliki keunikan dari segi rasa, tapi karena keberadaannya yang mulai langka, makanan ini mampu menjadi perantara bagi pengunjung yang ingin merasakan makanan kampung zaman dahulu. Harga oseng genjer yang ditawarkan cukup terjangkau yakni Rp 12.000 per porsinya.

Nah, gimana millens? Kamu tertarik untuk cobain oseng genjer di RM Muncul Jaya? (Laras Puspita/E05)

RM Muncul Jaya Ungaran

Alamat                 : Jalan Pemuda No. 301, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Jam buka             : 09.00 – 23.00 WIB

Harga                  : Rp 12.000