Olahan Tiram, Wisata Kuliner Enak di Pulau Tiban

Selain lezat, olahan tiram dari Pulau Tiban, Kendal, Jawa Tengah, ini juga menyehatkan. Penasaran ingin mencicipinya?

Olahan Tiram, Wisata Kuliner Enak di Pulau Tiban
Tiram (Bukalapak.com)

Inibaru.id – Salah satu objek wisata primadona di Kabupaten Kendal adalah Pulau Tiban. Selain menawarkan ketenangan alam pesisir pantai, pulau ini juga terkenal akan kuliner hasil tangkapan dari laut. Salah satunya, tiram.

Olahan tiram boleh dikatakan identik dengan wisata kuliner di Pulau Tiban. Itu karena menemukan tiram di tepian pulau yang termasuk Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini sangatlah mudah. Jadi jangan heran ya, kalau kaki kamu mungkin saja tersandung atau menginjak tiram saat berjalan-jalan di sana sebagaimana disebut oleh kelilingkendal.com (10/10/2017).

Bentuknya memang mirip bongkahan batu cadas. Eits, tapi jangan salah, di balik bentuknya yang terlihat nggak menyerupai hewan itu justru terdapat makanan yang lezat di dalamnya. Direbus, digoreng atau dibakar tanpa bumbu pun rasanya sudah nikmat. Apalagi kalau disajikan bersama kuah segar, wah olahan ini dijamin bisa melipat lidah kamu deh.

Baca juga:
Rekomendasi: 5 Kuliner Khas Kendal yang Patut Kamu Coba
Pengin Mi Ongklok tapi Nggak Bisa ke Wonosobo? Beli Mi Ongklok Instan Saja!

Karena itu, banyak warga setempat yang memanfaatkan ketersediaan tiram ini untuk dijual mentah atau dimasak dengan berbagai olahan. Kalau nggak pingin ribet, kamu juga bisa lo membeli tiram dalam keadaan mentah yang tanpa cangkang. Ini memudahkan kamu untuk mengolah tiram karena nggak harus berurusan dengan cangkang tiram yang keras.

Harga jual tiram di Pulau Tiban juga lebih murah ketimbang harga di pasar, lo. Satu kilogram tiram tanpa cangkang dihargai Rp 40 ribu di sana. Sedangkan kalau membeli di pasar kamu harus merogoh kocek lebih dalam, yakni Rp 60 ribu/kg. Jumlah tersebut sudah cukup untuk dihidangkan ke keluarga kamu.

Sodrun, salah seorang petugas lapangan kegiatan Fun Camp Pulau Tiban mengatakan bahwa dirinya bisa mengumpulkan satu ember tiram hanya dengan berjalan-jalan mengitari Pulau Tiban. Nah, kalau Pu’I, salah seorang penjual tiram punya trik khusus untuk menangkap tiram, yaitu dengan cara memasang sebuah wadah khusus di tepian pantai.

Selain enak, peaganan yang juga dikenal dengan nama oyster ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Mulai dari seng (zinc), kalsium, kalium, magnesium, zat besi, omega 3 dan vitamin B12 bisa kamu dapatkan dari tiram. Satu lagi yang istimewa, kandungan lemak tiram juga termasuk rendah.

Baca juga:
Mengulik Masa Lalu Bangunan Tekodeko Koffiehuis
Mencicip Kelezatan Penganan di Lima Warung Makan di Temanggung

Karena itu, kalau kamu mengganti daging dengan tiram, maka bisa saja membantu untuk menurunkan berat badan. Khasiat lainnya adalah meningkatkan kesuburan bagi wanita, meningkatkan kekebalan tubuh, baik bagi kesehatan jantung, membentuk tulang yang kuat, menvegah anemia, serta membantu tumbuh kembang janin menjadi optimal. Wah, ternyata banyak juga ya manfaat dari tiram ini.

Nah, tiram ini bisa menjadi penganan yang tepat untuk menemanimu kala menghabiskan waktu memandang matahari terbit dan terbenam atau sekadar menikmati semilir angin di Pulau Tiban. (IB06/E02)