Olah Nasi Sisa Jadi Sega Loyang Khas Jepara

Punya nasi sisa tapi merasa sayang jika dibuang? Kamu bisa coba mengolahnya kembali menjadi nasi loyang khas Jepara.

Olah Nasi Sisa Jadi Sega Loyang Khas Jepara
Nasi loyang khas Jepara. (Cookpad.com)

Inibaru.id – Millens, kamu punya nasi sisa yang sudah mengering? Eits, jangan dibuang dulu! Nasi sisa bisa diolah jadi makanan yang enak, lo. Kudapan khas Jepara, Jawa Tengah ini disebut nasi loyang atau sega loyang.

Bahan dasar nasi yang digunakan untuk nasi loyang biasanya berupa nasi kering yang sudah tersimpan lebih dari satu hari, termasuk nasi yang disimpan dalam kulkas. Nasi kering ini berbeda dari nasi aking, lo. Nasi aking adalah nasi sisa yang dijemur hingga kering, lalu dikukus. Sementara, nasi kering yang dipakai untuk memasak nasi loyang tidak perlu dijemur terlebih dahulu.

Baca juga:
Kue Jotosan Pemalang Menjotos Lidahmu
Nasi Bulat dalam Sepincuk Daun Pisang

Nasi loyang dimasak dengan cara direndam dan dikukus. Tetapi, sebagian orang memasaknya tanpa melewati proses perendaman. Kedua cara ini memiliki tujuan sama, yaitu agar nasi kembali kempal.

Nasi loyang rasanya gurih sekali, lo. Perpaduan nasi dengan kelapa dan santan akan memanjakan lidah karena kenikmatannya. Apalagi, nasi loyang ini biasa disajikan dengan ikan asin, sambal, dan bahan pelengkap lain sesuai selera. Rasanya? Sedap!

Yuk, coba untuk memasak nasi loyang ini, dengan resep yang dikutip dari cookpad.com. Kamu perlu menyiapkan 500 gram nasi sisa, 50 gram kelapa muda parut, 2 lembar ikan teri asin yang dikeringkan, 1 sentok teh bubuk santan, dan garam. Sebagai bahan pelengkap, kamu bisa menyiapkan tempe goreng dan sambal terasi.

Baca juga:
Aneka Kuliner Khas Magelang yang Siap Menggoyang Lidah
Bersantap ala Sultan Yogyakarta di Bale Raos

Pertama, panaskan kukusan terlebih dahulu. Ambil nasi, lalu campurkan dengan kelapa parut, santan bubuk, dan garam. Aduk campuran tersebut sampai rata. Kemudian, kukus nasi hingga matang dan empuk. Selanjutnya, panaskan minyak goreng untuk menggoreng ikan asin. Terakhir, sajikan nasi loyang dengan ikan asin, sambal terasi, tempe, dan bahan pelengkap lain.

Nah, kini kamu bisa menikmati nasi loyang. Bagaimana, lezat, kan? (AYU/SA)