Odading, Kue Goreng Empuk Manis Khas Pasundan

Ingin berbuka dengan kue yang empuk dan manis? Cobalah odading, kue goreng khas Bandung. Teksturnya yang lembut dan empuk dengan rasa yang manis dijamin bakal bikin kamu ketagihan!

Odading, Kue Goreng Empuk Manis Khas Pasundan
Kue Odading (resepkoki.id)

Inibaru.id - Odading, pernah mendengar nama tersebut? Mungkin kalau kamu orang Jawa Barat, terutama Bandung, camilan mirip bolang-baling itu mungkin cukup familiar di telingamu. Ya, karena odading memang dari Bandung. Kue goreng ini bercita rasa lembut dan manis.

Kendati tampak mirip dengan bolang-baling atau kue bantal, ternyata keduanya beda, lo, Millens. Perbedaan paling kentara terletak pada bahan pembuatannya. Bolang-baling menggunakan soda kue dan amoniak dalam pembuatannya, sedangkan odading tidak. Tekstur dan rasa odading nggak kalah empuk dengan bolang-baling.

Bentuk yang lumayan kecil dan rasa tergolong manis membuat camilan bertabur wijen satu ini cocok dijadikan menu takjil selama Ramadan. 

Nah, bagi kamu yang suka berkreasi di dapur, sembari menunggu waktu berbuka, mungkin kamu bisa mempraktikkan membuat odading sendiri. Bahan dan cara membuatnya sederhana, kok. Satu resep odading dari resepkoki.id ini mungkin bisa kamu jadikan referensi.

Bahan-bahan

  • 500 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sdm ragi instan
  • ½ sdt garam
  • 200 ml air hangat
  • Wijen putih secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam hingga rata. Sisihkan.
  2. Dalam wadah berbeda, kocok lepas telur namun jangan terlalu lama.
  3. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur. Aduk hingga rata.
  4. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan hingga adonan tercampur rata dan kalis.
  5. Diamkan adonan dalam wadah tertutup selama 30 menit hingga mengembang.
  6. Setelah benar-benar mengembang, ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat adonan dengan ukuran sesuai selera. Beri taburan biji wijen di salah satu sisinya. Ulangi langkah ini hingga adonan habis.
  7. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng kue hingga matang dan berubah kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Kue odading siap disajikan.

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat odading? Oya, keras empuknya odading bisa kamu sesuaikan menurut selera. Caranya? Jika pengin kue lebih padat, coba kurangi jumlah air yang dipakai untuk adonan. Jika kamu pengin adonan lebih lembek, kamu bisa menambahkan air.

Oya, kualitas ragi bakal sangat memengaruhi lama adonan untuk mengembang. Jika kualitas raginya jelek, lamanya mendiamkan adonan bisa memakan waktu hingga dua jam lamanya.

Gunakan juga api sedang saat menggoreng supaya matang merata dan menghindari kue cepat gosong di luar tapi mentah di dalam.

So, selamat mencoba Millens! (IB05)