Bersantap ala Orang Arab Lengkap dengan Suasananya di Resto Khoja

Bersantap ala Orang Arab Lengkap dengan Suasananya di Resto Khoja
Resto Khoja tampak dari depan. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Sobat Millens suka dengan kuliner Timur Tengah? Nggak perlu bingung harus mencari di mana, datang saja ke Resto Khoja Semarang!

Inibaru.id – Untuk sekadar bersantap masakan khas Arab atau India, tak perlulah berkunjung ke sana dulu. Cukup di Resto Khoja, Semarang, kamu bakal mendapatkannya. Tak hanya rasanya yang mirip, suasana restorannya pun dibuat hampir menyerupai kedai-kedai di Timur Tengah.

Restoran yang berlokasi di Jalan Pandanaran 1 No 33, Pekunden, Semarang itu memang menyajikan kuliner Timur Tengah. Mulai dari makanan, camilan, hingga minuman khas rumpun Arab itu ada di restoran ini.

Selain kuliner Timur Tengah, Khoja juga menyediakan kuliner khas India. Dua kekhasan itu melebur dalam menu-menu lezat di Khoja.

Aneka kuliner Timur Tengah baik minuman dan makanan tersaji di Resto Khoja. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Kendati berjudul kuliner khas Arab dan India, pemilik Khoja Popy Maryani menjamin masakan di tempatnya tetap bercita rasa Indonesia. Jadi, bisa dipastikan bakal sesuai lidah kita, Millens!

“Saya kombinasi masakan Arab dan India, tapi rasa Indonesia. Jadi, kalau orang Indonesia pengin tahu masakan Timur Tengah tetap bisa terima (rasanya)

Selain "menjual" rasa, Popy juga mengaku kalau dirinya juga menjual suasana. Yap, memasuki Khoja, kamu bakal merasa tidak sedang di Indonesia, melainkan suasana kedai makan di Arab yang dipenuhi kain menjuntai dengan tempat duduk lesehan lengkap meja makan rendah.

"Biar kalau orang yang pernah haji umroh dan kangen suasana di sana bisa ke Khoja,” jelas Popy.

Salah satu sudut ruangan di Resto Khoja. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Bukan Tujuan Utama

Kendati terbilang sukses dengan Khoja, menggeluti bisnis kuliner semula bukanlah tujuan utama Popy. Dia memang belajar memasak, tapi tujuannya kala itu untuk menyenangkan hati sang suami. Keinginan mendirikan restoran diakuinya baru muncul pada 2016 lalu setelah dia ikut pelbagai festival kuliner.

Popy kemudian memilih menggabungkan masakan Arab dan India yang sama-sama memadukan beragam rempah. Masakan kedua wilayah itu juga hampir sama, di antaranya kebuli, sambosa, dan cane.

Nasi biryani, nasi kebuli, dan nasi mandhi di Resto Khoja. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Sebagai andalan, Khoja memiliki tiga menu utama, yakni nasi kebuli dan nasi biryani yang berasal dari India, serta nasi mandi asal Arab. Untuk membuat menu tersebut, Popy mengaku mengimpor langsung beras basmati dari India.

Kemudian, untuk menemani menu tersebut, kamu bisa menikmati pelbagai camilan khas Timur Tengah seperti cane, kubz, sambosa, kebab, hingga um Ali.

Minuman yang ditawarkan pun beragam, di antaranya berbagai teh seperti teh Thaif, Khoja, India, Srilanka, sampai Maroko. Teh-teh tersebut dipadukan dengan pandan sehingga memiliki aroma yang khas dan wangi.

Aneka makanan di Resto Khoja di antaranya roti cane, kubz dal kare, dan sambosa. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Mirip Ruang Tamu di Timur Tengah

Didominasi warna merah marun dan emas, kamu bakal dimanjakan dengan tata ruang yang mirip dengan ruang tamu ala Timur Tengah begitu memasuki Khoja. Tirai-tirai menjuntai, menjadi partisi antar-ruangan, membuatmu seolah tidak berada di Indonesia. Ha-ha.

Khoja menyediakan pilihan tempat duduk. Kamu bisa memilih lesehan atau duduk di kursi dengan meja yang agak tinggi. Kalau menginginkan tempat yang lebih privat, kamu juga bisa memilih ruang VIP.

Salah satu sudut oleh-oleh khas Arab di Resto Khoja. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Tak berhenti di situ, selama berada di Khoja telingamu juga bakal disuguhi lagu-lagu khas Timur Tengah yang rancak. Hm, lengkap sudah!

Khoja juga menyediakan beragam oleh-oleh dari Arab untuk kamu beli dan bawa pulang, di antaranya kacang Arab, cokelat batu, jintan hitam, hingga henna kuku.

Bila kamu pengin membeli makanan Khoja sebelum dimasak juga bisa. Khoja menyediakan aneka paket frozen food yang aman kamu bawa pulang dan dimasak di rumah.

Nah, kalau kamu mendamba pergi ke Arab, bolehlah membiasakan diri dulu dengan mengunjungi Khoja. Yeah, biar nggak kaget kalau nanti benar-benar ke sana! Ha-ha. (Ida Fitriyah/E03)

 

Resto Khoja

Kategori                : Restoran

Alamat                  : Jalan Pandanaran 1 No 33 Pekunden, Semarang Tengah, Semarang

Jam Buka              : Setiap hari (kecuali Lebaran) pukul 09.00-21.00 WIB

Harga Makanan     : Rp 11.000 s.d. Rp 217.000

Harga Minuman     : Rp 3.500 s.d. Rp 39.500