Nyaris Sama, Dori dan Patin Punya Perbedaan Mendasar

Ikan dori dan ikan patin mempunyai banyak kesamaan. Nggak heran jika banyak restoran yang menyediakan menu dori tapi rupanya menggunakan patin. Meski begitu, keduanya bisa dibedakan.

Nyaris Sama, Dori dan Patin Punya Perbedaan Mendasar
Dori Popcorn. (Constant)

Inibaru.id - Banyak orang menggemari olahan makanan laut (seafood), salah satunya ikan dori. Jika kesegarannya masih terjaga, ikan dori dapat disulap menjadi berbagai makanan yang lezat, misalnya dori goreng tepung, dori asam manis atau sup ikan dori. Tapi, tahukah kamu, jika enaknya ikan dori terkadang bisa diganti dengan ikan lain, yaitu ikan patin?

Jika nggak begitu jeli, seringkali orang nggak ngeh dengan sajian ikan patin yang mirip seperti ikan dori. Bahkan, ada beberapa restoran yang menawarkan menu dori tapi yang dihidangkan ternyata patin karena harganya lebih murah.

Dori filet. (Widhul)

Memang banyak yang bilang ikan dori dan patin itu si kembar beda rasa karena kemiripan tekstur dan penampilan keduanya. Namun, meski mirip, keduanya memiliki kelas harga yang berbeda, Millens. So, selain soal harga, berikut adalah perbedan dori dan patin yang dilansir dari Tempo.co (11/7/2018).

Aroma

Menurut Zippo, chef sebuah restoran di Jakarta, ikan dori adalah ikan laut, sedangkan patin umumnya hidup di lumpur. Bila juru masak nggak pandai memasak, bisa jadi aroma tanah pada ikan patin masih tercium. Sedang aroma dori biasanya lebih segar, khas ikan air asin pada umumnya.

Serat

Saat dibelah, dori memiliki serat yang lembut banget. Daging dori membentuk serabut-serabut kecil. Sementara, patin seratnya nggak sehalus dan sekecil dori, Millens.

Tekstur

Tekstur daging ikan dori tergolong tebal. Jika kamu mengunyahnya, bagian-bagian dagingnya terasa padat dan kenyal. Ini tentunya berbeda dengan daging patin yang lebih tipis dan teksturnya lebih lembek.

Rasa

Ikan dori mempunyai rasa yang dominan gurih dengan sedikit kombinasi manis, sedangkan ikan patin rasanya murni gurih, mirip dengan ikan lele.

Itulah hal-hal yang menjadi perbedaan antara dori dan patin. Sama-sama bergizi, namun ikan dori harus didatangkan dari luar negeri terlebih dahulu, sedangkan patin banyak dijumpai di sekelilingmu. (IB20/E04)