Kue Jotosan Pemalang Menjotos Lidahmu

Kue jotosan ini adalah jajanan khas Pemalang, Jawa Tengah. Dibuat dari singkong dan diberi isian gula jawa, rasa kue ini menjotos lidah kamu.

Kue Jotosan Pemalang Menjotos Lidahmu
Kue jotosan. (Cookpad.com)

Inibaru.id – Millens, apakah kamu masih sering makan singkong? Kalau dimakan begitu saja mungkin singkong terasa biasa, tetapi bagaimana jika diberi isian gula jawa, ya? Ada jajanan khas Pemalang, Jawa Tengah yang seperti itu, lo. Namanya adalah kue jotosan.

Bahan dasar kue jotosan adalah singkong parut. Karena itulah, kue jotosan mengandung banyak karbohidrat. Penganan ini diberi isian gula jawa. Nggak heran, setelah digoreng, gula jawa di dalamnya pun akan meleleh. Ketika dimakan, kelumeran gula jawa yang dipadukan kegurihan singkong terasa enak banget.

Baca juga:
Olah Nasi Sisa Jadi Sega Loyang Khas Jepara
Gurih Manis Legit Si Putu Tegal

Eits, Millens perlu tahu nih, gula jawa yang dibuat dari pohon aren ini baik untuk meningkatkan energi tubuh, lo. Mengutip tribunnews.com (12/10/2014), setiap hari tubuh kita dapat mengubah 90 gram gula merah menjadi energi. Sebagai perbandingan, gula pasir yang dapat diubah menjadi energi hanya sekitar lima gram.

Nah, sebetulnya, daerah-daerah lain juga punya jajanan yang mirip dengan kue jotosan. Beberapa orang menyebut penganan ini sebagai jemblem. Ada pula yang menyebutnya cemplon. Yang membedakan adalah bentuknya. Ada yang membuatnya dengan bentuk oval, bulat sempurna, atau agak pipih.

Kalau kamu ingin mencoba memasak ke jotosan, kamu bisa mengikuti resep yang dikutip dari cookpad.com ini. Bahan adonan yang perlu kamu siapkan adalah setengah kilogram singkong parut, kelapa parut, 2 sendok makan tepung terigu, 2 sendok makan tepung tapioka, margarin, dan sedikit garam.

Baca juga:
Bersantap ala Sultan Yogyakarta di Bale Raos
Mengunyah "Bantalan Rel" dari Semarang

Untuk isiannya, kamu perlu menyiapkan gula jawa sebanyak 2 buah yang sudah kamu sisir atau potong tipis.

Cara membuatnya mudah, kok. Pertama, campurkan semua bahan adonan sampai rata. Lalu, bentuk pipih dan tambahkan gula jawa sebagai isian. Tutup adonan kembali. Ulangi proses ini sampai semua adonan habis. Kemudian, goreng semua adonan dalam minyak goreng panas hingga berwarna kuning kecokelatan.

Sip, deh! Kamu sudah bisa menikmati kue jotosan yang rasanya seperti menjotos lidahmu. (AYU/SA)