Nikmatnya Gyudon Halal untuk Sajian Ramadan

Supaya nggak bosan, nggak ada salahnya mencoba menu ala negara lain untuk sajian Ramadan. Salah satunya adalah hidangan gyudon dari Jepang. Supaya terjamin kehalalannya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lo.

Nikmatnya Gyudon Halal untuk Sajian Ramadan
Gyudon. (Asiansupper.com)

Inibaru.id – Meski Indonesia kaya akan warisan kuliernya, tentu ada kalanya Sobat Millens bosan dengan menu ala Indonesia. Jadi, nggak ada salahnya mencoba menu dari negara lain. Apalagi selama Ramadan ini, jangan sampai napsu makan saat sahur dan berbukamu jadi ngedrop lantaran bosan dan nggak berselera.

Nah, menu dari negara lain yang bisa kamu coba adalah masakan Jepang yang terkenal lezat, salah satunya adalah Gyudon. Gyudon adalah salah satu menu beef bowl khas Jepang, yakni semangkuk nasi yang berisi daging sapi. Dalam bahasa Jepang gyu berarti daging sapi dan don adalah singkatan dari donburi yang merupakan makanan yang biasa disajikan di atas nasi dalam mangkuk.

Gyudon. (shoproyal.jp)

Gyudon termasuk makanan cepat saji, tapi jauh lebih sehat karena bahan yang digunakan cukup segar. Tak hanya di negara asalnya saja, di Indonesia kamu juga mudah menemukan menu gyudon di sejumlah restoran maupun kedai makanan Jepang. Eits, kamu juga bisa memasak gyudon di rumah, lo.

Bahan masakan gyudon lumayan mudah diperoleh dan cara membuatnya juga mudah, kok. Selain itu, kamu bisa memilih bahannya sendiri sehingga terjamin kehalalannya. 

Gyudon. (seriouseats.com)

Oya, sebagai informasi, resep asli gyudon menggunakan sake dan mirin yang mengandung alkohol. Namun kamu bisa memodifikasinya tanpa sake dan mirin, kok. Rasanya juga tetap manis dan gurih khas gyudon.

Mengutip Bintang.com (4/10/2016), resep gyudon halal ini mungkin bisa kamu jadikan referensi:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram daging sapi tipis/ potongan untuk sukiyaki
  • 1/2 buah bawang bombay iris tipis

Bahan saos:

  • 100 ml air
  • 1/2 sdt kaldu bubuk dashi (ikan) atau kaldu bubuk ayam
  • 2 sdm soy sauce/ kikoman
  • 1 sdm gula

Cara membuatnya:

  1. Potong daging jadi beberapa bagian. Didihkan air lalu matikan api dan masukkan daging. Kalau sudah berubah warnanya langsung diangkat, tujuannya supaya daging nggak bau perengus.
  2. Setelah itu masukkan bahan saos ke dalam wajan baru, kemudian diikuti bawang bombay. Masak dengan api sedang dan biarkan beberapa menit agar bawang bombay lunak.
  3. Masukkan daging sapi lalu masak dengan api kecil dan biarkan saos meresap ke dalam daging. Saos akan menyusut. Namun, ingat, jangan sampai terlampau kering.
  4. Sajikan gyudon di atas semangkuk nasi putih dan tuang sisa saos di atasnya.

Oya, selain mengganti sake dan mirin dengan air, kamu juga bisa menggantinya dengan jus apel atau minuman soda. Nah, bagi kamu yang mau resep asli dengan sake dan mirin, perbandingan soy sauce: sake: mirin: gula adalah 2:2:2:1.

Gyudon. (theplatediary.blogspot.com)

Jika nggak mau rasanya terlalu manis, kamu bisa mengurangi gulanya. Kemudian, kalau kamu pengin memberi aroma bumbu yang nggak terlalu tajam, kamu juga bisa menambahkan sedikit jahe yang dimemarkan.

Bagaimana, cukup praktis bukan membuatnya? Gyudon bisa kamu nikmati sebagai menu berbuka atau penggugah seleramu kala sahur. Selamat mencoba ya, Millens! (IB05/E03)