Nikmatnya Pedas-Panas Bakso Lombok Uleg Khas Temanggung
Bakso Lombok Uleg. (Pelesirtemanggung.wordpress)

Nikmatnya Pedas-Panas Bakso Lombok Uleg Khas Temanggung

Nggak hanya kupat tahu batoar, bakso lombok uleg juga merupakan makanan khas dari Temanggung. Kebayang banget, lezatnya makan bakso yang pedas karena ulegan cabai rawit. Penasaran?

Inibaru.id – Bakso kuah memang paling cocok disantap saat cuaca sedang dingin, apalagi kalau rasanya pedas dan disajikan dalam kondisi masih panas. Wah, mantap banget! Nah, bagi kamu yang suka bakso dengan rasa ekstrapedas, menu bakso lombok uleg khas Temanggung ini bisa jadi pilihan.

Hm, gimana bakso ini dibuat? Sebelum menghidangkan kuahnya, penjual pertama-tama akan menghaluskan cabai rawit langsung di mangkuknya menggunakan ulegan (alat penghalus bumbu).

Cabai rawit dihaluskan dahulu sebelum bakso dan kuah disajikan. (pelesirtemanggung.wordpress)

Untuk tingkat kepedasan, kamu bisa memilih jumlah cabai yang pengin dihaluskan. Kalau bingung, kamu tinggal bilang, pengin pedas, sedang, atau sangat pedas. Tingkat sedang biasanya berisi lima lombok rawit, sedangkan untuk sangat pedas jumlah cabai yang digunakan bisa 10-15 buah.

Setelah cabai diuleg kasar di dalam mangkuk, barulah ketupat, tahu, dan bakso dimasukkan ke dalam mangkuk. Lalu, bakso disiram dengan kuah tanpa lemak yang panas. Oh iya, bakso khas Temanggung nggak memakai mi kuning atau bihun ya, Millens.

Bakso uleg. (Travelingyuk/Sebastian Andhika Candra)

Cabai rawit akan membuat kuah bakso berwarna kehijauan. Aromanya sangat kuat dan dijamin bakal sangat menggugah selera. Rasanya dijamin enak dan pedas. Terus, jangan lupa pula taburan seledri dan bawang gorengnya ya, supaya lebih gurih. Kamu juga bisa melengkapinya dengan kerupuk.

Di Temanggung, bakso lombok uleg dijual di dua tempat, yaitu di depan BRI Temanggung dan di sebelah barat gedung DPRD alun-alun Temanggung. Biasanya, warung bakso lombok uleg dibuka antara pukul 11.00–20.00 WIB.

Wah, tampak pedas, ya? (Blog.reservasi)

Menu bakso lombok uleg ada beberapa macam, seperti bakso komplit, bakso tahu, bakso ketupat, atau bakso kuah biasa.

Kalau kamu sedang berkunjung ke Temanggung jangan lupa mampir mencicipi kuliner ini ya! (IB07/E03)