Nikmatnya Kuliner Malam di Sego Koyor Bu Parman Jogja

Nikmatnya Kuliner Malam di Sego Koyor Bu Parman Jogja
Sego Koyor Bu Parman Jogja, kuliner legendaris yang bisa kamu nikmati pada malam hari. (Tribunnews/Hamim Thohari)

Nggak harus gudeg, ada kok kuliner malam lain yang bisa kamu cicipi saat berada di Yogyakarta. Salah satu yang cukup legendaris adalah Sego Koyor Bu Parman. Seperti apa ya nikmatnya kuliner ya satu ini?

Inibaru.id – Kuliner di Yogyakarta nggak cuma gudeg, ada banyak makanan legendaris yang bisa kamu temui di Kota Pelajar ini. Salah satu yang sayang kalau dilewatkan adalah Sego Koyor Bu Parman. Saking terkenalnya kuliner yang satu ini, sulit untuk menemui warungnya dalam kondisi sepi. Bahkan, semakin malam kamu datang ke sana, bisa jadi pengunjungnya semakin ramai.

Padahal, Sego Koyor Bu Parman tidak berdiri di dalam sebuah bangunan permanen. Yap, jualannya di depan emperan sebuah bengkel yang ada di Jalan Brigjen Katamso Nomor 111. Oleh karena itulah, warung ini hanya buka pada malam hari, tepatnya dari pukul 22.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

Dilansir dari Liputan6, (7/4/2022), Sego Koyor Bu Parman sudah eksis sejak 1968. Konon rasa makanannya masih sama sejak warung ini berdiri.

“Yang pertama jualan adalah ibu saya. Namanya Bu Parman, mulai 1968,” ucap perempuan yang jadi pengelola warung sederhana tersebut, Suparti, sebagaimana dikutip dari Tribunnews, Rabu (17/2/2016).

Meski begitu, lokasi warungnya sudah beda dari saat kali pertama berdiri. Menurut perempuan berusia 64 tahun tersebut, warung Sego Koyor Bu Parman dulu ada di lokasi yang kini jadi Taman Pintar.

Warung Sego Koyor Bu Parman buka di emperan sebuah bengkel. (Googlemaps/Kun-Coro Aji)
Warung Sego Koyor Bu Parman buka di emperan sebuah bengkel. (Googlemaps/Kun-Coro Aji)

Kalau kamu penasaran dengan sego koyor, kuliner ini terdiri atas nasi putih yang diberi tambahan olahan urat sapi. Urat sapi inilah yang disebut sebagai koyor. O ya, olahan koyor ini mirip dengan gulai. Tapi, kuah santannya nggak terlalu kental dan diberi tambahan oseng labu siam. Sudah kebayang kan seperti apa sensasi nikmat saat memakannya, Millens?

Satu hal yang membedakan Sego Koyor Bu Parman beda dari sego koyor pada umumnya adalah koyor yang disajikan nggak kenyal. Koyornya cenderung empuk dan sangat mudah dipotong dengan sendok atau digigit.

Sebenarnya, selain menu utama berupa sego koyor, kamu juga bisa mencicipi menu andalan lain di warung ini, yaitu opor ayam pedas. Selain itu, kamu juga bisa menikmati makanan lain seperti ayam goreng, telur, babat, dan aneka macam gorengan.

Hal lain yang bikin warung ini selalu ramai pembeli adalah harga per porsi sego koyor yang masih murah, yaitu Rp 3 ribu saja. Harga lauknya juga nggak mahal, yaitu mulai Rp 6 ribuan saja.

Kuliner Jogja memang nggak ada matinya, ya, Millens. Yuk, kapan kita cicipi Sego Koyor Bu Parman di sana? (Arie Widodo/E05)