Sensasi Bakso Kumplit Pak Wardi Bikin Pengin Lagi dan Lagi

Sensasi Bakso Kumplit Pak Wardi Bikin Pengin Lagi dan Lagi
Semangkuk bakso babat Pak Wardi. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Bakso yang satu ini punya rasa khas karena terbuat dari daging sapi segar yang dibuat dengan cara tradisional. Selain rasanya bisa bikin perut senang, kantong juga ikut riang karena harganya terjangkau.

Inibaru.id – Siapa yang mampu menolak kenikmatan semangkuk bakso dengan kuah panas? Yap, sepertinya penganan yang umumnya terbuat dari daging sapi ini memang cukup bersahabat untuk lidah semua orang. Hampir semua anak kecil hingga dewasa menyukai rasanya.

Nah, di Semarang, Jawa Tengah, ada warung bakso yang sudah terkenal kelezatannya sejak 1990-an, lo. Namanya Bakso Pak Wardi. Yang bikin para penggemar bakso sapi setia mengunjungi warung Bakso Pak Wardi adalah rasa dan kualitasnya.

Karena penasaran, saya juga mendatangi salah satu outlet-nya yang berada di Jalan Tirto Agung No 11, Pedalangan, Banyumanik.

Bakso Pak Wardi. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Umumnya bakso, menu yang ditawarkan Bakso Pak Wardi memang "hanya" bakso kuah dengan mi kuning. Bedanya, kamu bisa memesan bakso dengan potongan babat dan iso sebagai pelengkap bakso. Mereka menyebutnya Bakso Kumplit. Yap, potongan jeroan inilah yang katanya bikin ngangeni untuk kembali datang ke sana.

Saya pun memesan menu tersebut. Minumnya? Es Campur Spesial dan Es Jeruk Kopyor! Hm, terbayang, kan, gimana rasanya bakso hangat kuah pedas ditemani seruput es yang segar?

Harganya pun terjangkau, lo. Bakso Kumplit hanya sebesar Rp 16 ribu sedangkan semua menu es dihargai Rp 13 ribu. Wah!

Bakso kumplit, es campur spesial, dan es jeruk kopyor. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Homemade

Bakso Kumplit terdiri atas beberapa buah bakso dengan ukuran kecil, potongan babat dan iso, sayuran, mie kuning, bihun, serta bawang goreng dan seledri. Lalu, bahan-bahan itu disiram kuah gurih yang kaldunya berasa banget.

Niko Kristanto, penanggung jawab Bakso Pak Wardi, mengatakan, semua makanan yang tersaji di dalam semangkuk Bakso Pak Wardi merupakan hasil buatan rumahan alias homemade. Itulah kenapa bakso di sana punya rasa daging yang kuat, karena hampir 90 persen adonannya dari daging sapi.

“Semuanya masih pakai cara tradisional, mulai pembuatan bakso, mie, sampai bihun. Peralatannya pun masih sama seperti yang dulu digunakan Pak Wardi sejak 1992, jadi kami nggak pakai mesin,” ujarnya.

Es campur speseial ala Bakso Pak Wardi. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Apa yang disebutkan Niko memang benar, Millens. Saya masih bisa merasakan tekstur daging sapi pada setiap gigitan baksonya. Selain serat daging sapinya, rasanya pun juara, gurih dan nikmat. Ini sangat pas dimakan dengan guyuran kuah pedas nan hangat. Lidah saya melonjak kegirangan karena merasakan kelezatan semangkuk bakso ini.

Es jeruk kopyor. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Selain bakso, saya juga suka sekali dengan es jeruk kopyornya. Rasa manis dan asam bisa saya rasakan dari bulir-bulir jeruknya. Cuaca panas yang cukup terik hari itu seolah nggak terasa setelah saya menyeruput es tersebut. 

Gimana, Millens? Daripada kamu cuma membayangkan, lebih baik segera datang dan pesan Bakso Pak Wardi ya! (Verawati Meidiana/E03)