Nggak Sengaja Dibuat, Makanan dan Minuman Ini Justru Raih Ketenaran

Nggak Sengaja Dibuat, Makanan dan Minuman Ini Justru Raih Ketenaran
Keripik kentang, salah satu makanan yang diciptakan tanpa sengaja (Cazagrandeaz.gov)

Makanan dan minuman ini nggak sengaja dibuat, tapi justru terkenal dan disukai orang-orang. Apa saja ya?

Inibaru.id – Beberapa makanan dan minuman yang pernah kamu konsumsi mungkin memiliki sejarah yang unik, salah satunya menjadi produk gagal yang nggak sengaja dibuat.

Namun, kendati gagal, nggak semua makanan atau minuman itu benar-benar nggak berguna lo, Millens. Sebagian di antara mereka bahkan kini lebih "berhasil" dan banyak disukai orang, kok. Makanan dan minuman apa saja?

  1. Keripik Kentang

Keripik kentang (Recipris.com)

George Crum, seorang koki di Restoran Moon Lake Lodge di Saratoga, New York, menerima keluhan dari pelanggannya karena kentang goreng pesanannya terlalu tebal. Crum lantas membuatkan kentang goreng baru untuknya, tapi si pelanggan kembali protes.

Lantaran kesal, sang koki kemudian memotong kentang tersebut setipis mungkin sebelum menyuguhkannya. Nggak disangka, si pelanggan justru memuji hasil masakannya dan sejak itu kentang goreng menjadi salah satu kudapan favorit sepanjang zaman.

  1. Tahu

Tahu. (splendidtable.org)

Selain tempe, tahu adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia. Namun, tahukah kamu gimana makanan berbahan dasar kedelai ini bisa tercipta?

Konon, orang Tiongkok-lah yang kali pertama menciptakan makanan ini. Lantaran nggak sengaja mencampur kedelai dengan air yang mengandung kalsium dan garam magnesium, adonan tersebut malah membeku. Maka, jadilah tahu.

Cerita lain menyebutkan bahwa seorang juru masak nggak sengaja mencampur pengental ke dalam panci susu kedelai. Pengental tersebut justru menjadikan susu kedelai membeku dan menjadi tahu. Wah, ada-ada saja!

  1. Permen Karet

Permen karet. (Prefferedsmoke.com)

Kamu suka mengunyah permen karet, Millens? Selain manis, beberapa jenama permen karet juga ampuh untuk mengatasi bau mulut.

Permen karet dibuat oleh Thomas Adams pada 1870. Adams yang saat itu bekerja sebagai sekretaris Presiden Meksiko Antonio López de Santa Anna mengamati kebiasaan presiden yang senang mengunyah chicle, (getah pohon Manilkara).

Dari sanalah ide untuk membuat permen karet muncul. Adams kemudian kembali ke New York dan mendirikan Adams New York Number 1, perusahaan penghasil permen karet pertama di dunia.

  1. Coca Cola

Coca Cola (demandstudios.com)

Sebagai salah satu merek minuman terpopuler di dunia, sebagian orang mungkin nggak menyangka bahwa Coca Cola justru lahir dari ketidaksengajaan.

John Pamberton, seorang apoteker, pengin menemukan obat untuk sakit kepala. Dia lantas bereksperimen dengan menggunakan daun coca dan biji cola. Pamberton melakukan eksperimen ini dibantu asistennya yang kemudian nggak sengaja justru mencampur bahan-bahan tersebut dengan air karbonasi.

Sejak itu Coca Cola lahir dan menjadi minuman dengan penjualan terbesar di dunia.

Hm, ada-ada saja ya, Millens. Namun, ini membuktikan bahwa sesuatu yang gagal pun nggak selalu sepenuhnya gagal. Selalu ada berkah dalam bencana, bukan? (IB15/E03)