Nggak Sehat! 5 Jenis Takjil Ini Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa

Nggak Sehat! 5 Jenis Takjil Ini Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa
Gorengan, salah satu menu buka puasa paling laris yang sayangnya nggak sehat. (Flickr/nseika)

Es teh manis, kolak, dan gorengan memang menggoda untuk dijadikan menu berbuka puasa. Tapi, yakin menu ini sehat untuk tubuhmu? Yuk simak menu takjil apa saja yang sebaiknya kamu hindari.

Inibaru.id – Bulan puasa adalah saat yang tepat untuk mendetoksifikasi tubuh. Hanya, proses detoksifikasi ini baru bisa berlangsung kalau kamu menerapkan pola makan yang sehat, baik itu saat sahur maupun berbuka puasa.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih menu takjil berbuka puasa yang tepat. Berikut adalah menu-menu takjil yang nggak direkomendasikan agar kamu tetap sehat.

1. Minuman yang Terlalu Dingin

Seger memang, tapi bisa menyiksa organmu! (Pixabay/ Bruno /Germany)
Seger memang, tapi bisa menyiksa organmu! (Pixabay/ Bruno /Germany)

Berbuka dengan minuman dingin memang sangat menyegarkan. Tapi, kebiasaan ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lambung. Lambung yang sebelumnya tidak diisi makanan dan minuman apapun pun kesulitan untuk menjalankan fungsinya. Proses pengolahan makanan akan berlangsung dengan lebih lambat.

Hal ini disebabkan oleh lambung yang justru disibukkan dengan proses penyesuaian suhu minuman agar pas dengan suhu tubuh. Kondisi ini ternyata bisa berimbas pada perut yang terasa tidak nyaman.

2. Makanan atau Minuman yang Terlalu Panas

Selain terlalu dingin, yang terlalu panas juga harus kamu hindari ya <i>Millens</i>. (Pixabay/ Jill Wellington)
Selain terlalu dingin, yang terlalu panas juga harus kamu hindari ya Millens. (Pixabay/ Jill Wellington)

Kalau nggak mau lidahmu kram atau sariawan, makanan dan minuman terlalu panas juga sebaiknya kamu hindari saat berbuka puasa. Sebagaimana minuman dingin, takjil dengan suhu yang masih panas juga bisa membebani kinerja lambung.

Ada baiknya kamu menunggu suhu makanan atau minuman lebih hangat sebelum mencicipinya. Sembari menunggu, kamu bisa minum air putih atau makanan lain yang bersuhu normal.

3. Makanan dan Minuman Bersantan

Si manis yang nggak manis bagi lambung. (Shutterstock)
Si manis yang nggak manis bagi lambung. (Shutterstock)

Ada banyak sekali jenis hidangan berbuka yang berbahan santan. Sebagai contoh, kolak sangat digemari oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang manis dan nikmat. Sayangnya, hidangan bersantan ternyata nggak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, lo.

Nggak hanya bisa mengganggu pencernaan, hidangan bersantan juga bisa membuat berat badan naik. Hal ini disebabkan oleh kadar kalorinya yang sangat tinggi.

4. Minuman Bersoda

Si soda yang nggak bikin perut gembira. (Pixabay/ Pexels)
Si soda yang nggak bikin perut gembira. (Pixabay/ Pexels)

Minuman bersoda memang sangat menyegarkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Tapi, minuman ini memiliki sifat asam. Mengonsumsinya saat perut kosong tentu bisa menyebabkan datangnya maag.

Selain itu, kadar gula dari minuman bersoda juga sangat tinggi. Kalau sering dikonsumsi, bisa jadi akan membuat berat badan semakin meningkat.

5. Makanan Tinggi Minyak

Menggiurkan sih, tapi mari kita skip makanan ini saat berbuka puasa. (Avoskinbeauty)
Menggiurkan sih, tapi mari kita skip makanan ini saat berbuka puasa. (Avoskinbeauty)

Gorengan tentu sangat nikmat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Apalagi jika gorengan masih hangat dan renyah. Sayangnya, kadar minyaknya sangat tinggi. Mengonsumsinya tentu akan membuat pencernaan berjalan dengan sangat lambat. Dampaknya tentu akan membuat perut terasa tidak nyaman.

Selain itu, gorengan juga bisa meningkatkan risiko asam lambung. Setelah mengonsumsinya, kondisi perut tentu akan semakin tidak karuan setelah tidak diisi oleh makanan apapun seharian.

Ada baiknya kamu mengonsumsi makanan sehat seperti air putih, kurma, atau buah-buahan saat berbuka puasa. Hal ini akan membuat perut beradaptasi untuk kembali melaksanakan tugasnya setelah seharian berpuasa.

Yuk, sayangi organ perutmu dengan makan takjil yang tepat saat berbuka puasa, ya Millens! (Pop/MG27/E07)