Nggak Perlu ke Restoran, Kamu juga Bisa Masak Makanan Salted Egg di Rumah kok

Sekarang, nggak perlu bingung lagi kalau mau makan makanan berbalut salted egg. Tinggal beli saus telur asin merek Matahari, lalu masak di rumah deh.

Nggak Perlu ke Restoran, Kamu juga Bisa Masak Makanan <em>Salted Egg</em> di Rumah kok
Ayam salted egg Nung Nung di Festival Kuliner Imlek yang diadakan Komunitas Kuliner Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Inibaru.id – Setahun belakangan, makanan yang dibalut salted egg (telur asin) sangat marak dijual di pasaran. Setiap restoran menyajikan hidangan salted egg yang bermacam-macam. Dari kedai kecil hingga restoran cepat saji berebut pelanggan agar menikmati olahan telur asin masing-masing.

Nggak cuma restoran, produk makanan kemasan seperti mi saja menghadirkan menu telur asin. Duh, semuanya telur asin!

Namun, uniknya, animo masyarakat dalam menyantap makanan berbalut telur asin ini cukup tinggi. Sejumlah orang beranjak ke restoran dan kedai untuk mencicipi menu telur asin.

Nah, sekarang, kamu nggak perlu ke restoran dulu untuk menikmati menu berbalut telur asin, Millens. Kamu bisa membuat sendiri di rumah masing-masing, lo. Em, tentu bukan produk mi dadak (mie instant) ya. Ha-ha.

Saus telur asin (salted egg yolk sauce) Matahari. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Kalau sedang pengin olahan telur asin, tinggal masak saja ayam goreng atau udang. Setelah itu, balut masakan dengan saus telur asin (salted egg yolk sauce) berjenama Matahari ini.

Yap, bagi kamu pencinta telur asin, merek Matahari barangkali sudah akrab di telingamu. Selain saus, merek Matahari juga sudah kondang dengan produknya berupa telur asin.

Siapa nyana, saus telur asin itu terinspirasi dari kegagalan sang pemilik saat memproduksi telur asin. Diah Nikowati atau yang lebih kerap disapa Inung itu menceritakan awal mula saus telur asin.

“Awalnya dari banyak reject telur asin. Kalau retak itu kan lebih mudah busuk jadi kami manfaatin itu. Semakin banyak produksi, reject-nya semakin banyak tapi sekarang malah (dari telur asin) yang bagus yang kami pakai,” jelas Inung di sela-sela Festival Kuliner Imlek yang diadakan Kuliner Semarang, Sabtu (3/2/2019) lalu di halaman parkir Sri Ratu Pemuda Semarang.

Produk telur asin Matahari, saus telur asin Matahari, dan sambal telur asin Nung Nung. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Perempuan berhijab ini hanya mengambil bagian kuning telur asin untuk dibuat saus. Ini bisa terlihat dari warna saus yakni kuning seperti bagian tengah telur.

Karena dibuat langsung dari kuning telur asing, rasa sausnya memang mantap! Ya, benar-benar seperti kuning telur asin. Hanya saja, nggak terlalu asin sehingga pas untuk balutan masakan lain.

Tekstur saus telur asin ini nggak halus laiknya saus tomat, ya. Kamu bisa menemukan tekstur butiran-butiran kecil khas kuning telur.  

Kedai makanan berbalut telur asin Nung Nung dipadati pembeli saat Festival Kuliner Imlek di halaman parkir Sri Ratu Pemuda Semarang, Sabtu (3/2/2019). (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Kamu bisa menggunakan saus ini untuk balutan berbagai macam masakan. Inung mencontohkannya dengan membalut ayam geprek, ayam goreng, ayam popcorn, dan bebek goreng dengan saus telur asin yang kemudian dijual di Festival Kuliner Imlek 2019.

“Kami memfamiliarkan (saus telur asin) dengan masakan-masakan misal model lamongan itu bisa masuk telur asin. Terus model-model ayam krispi, ayam KFC pinggir jalan itu juga bisa dibalut saus telur asin,” imbuh perempuan yang juga pemilik Kedai Nung Nung itu.

Produk sambal telur asin Nung Nung. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Oh iya, untuk memasak dengan saus ini, kamu cukup menuang satu sendok saus telur asin ke wajan. Tunggu hingga berbuih baru masukkan masakan yang mau kamu bumbui dengan saus ini. Ingat, bahan masakan yang kamu masukkan harus sudah matang sebelumnya ya. Kamu juga bisa menambahkan sambal atau irisan cabai, kok. Eits, tapi komposisi itu hanya cukup untuk membalut satu porsi, ya.

Untuk membawa pulang sebotol saus telur asin 200 mililiter, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 55 ribu, Millens. Kamu juga bisa melengkapi olahan telur asin ini dengan membeli sambal telur asin bermerek Nung Nung dari rumah produksi yang sama. Sebotol sambal telur asin berisi 150 ml hanya dijual seharga Rp 35 ribu. Hm, terjangkau, kan?

Hayo, mana nih pencinta olahan telur asin? (Ida Fitriyah/E05)