Lagi Nggak Mood? Makan Ini Saja Biar Semangatmu Kembali
Cokelat, makanan penambah mood terbaik. (Idntimes.com)

Lagi Nggak Mood? Makan Ini Saja Biar Semangatmu Kembali

Makanan ternyata bisa mempengaruhi suasana hati, lo, Millens. Nah, beberapa makanan ini bisa menjadi "moodbooster"-mu.

Inibaru.id – Ada banyak hal yang bisa membuat mood seseorang menghilang. Mulai dari masalah, kejadian buruk, bahkan ucapan orang lain pun bisa mengubah mood-mu. Jika hal itu terjadi, mungkin saja kamu nggak bersemangat lagi melanjutkan aktivitas.

Eits, tapi hal ini bisa diatasi dengan mudah, lo. Kamu hanya perlu mengonsumsi makanan mood booster ini biar pikiran nggak penat lagi.

  1. Cokelat

Cokelat. (Schrammsflowers.com)

Rappler.com (23/2/2017) menulis, makanan pertama yang bisa membuatmu kembali bersemangat adalah cokelat. Membayangkan rasanya yang manis saja sudah bisa membuat pikiranmu menjadi segar, bukan?

Yap, rupanya hal itu ada penjelasan ilmiahnya. Cokelat bisa menjadi makanan pembangkit semangat karena keberadaan antioksidan di dalamnya bisa membuat pikiran lebih rileks, tekanan darah menurun, sekaligus memperbaiki suasana hati. Namun, pastikan untuk memilih dark chocolate dengan kandungan kakao 70 persen agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

  1. Kopi

Kopi. (Starbucks.ph)

Minuman yang digandrungi kawula muda ini rupanya bisa meningkatkan produksi hormon dopamine dan serotonin, lo. Hormon-hormon ini bisa membantu menghilangkan emosi negatif sehingga pikiran pun menjadi lebih segar setelah meminumnya.

  1. Salmon

Salmon panggang oven. (Ndimg.com)

Siapa sangka, ikan salmon juga termasuk makanan mood booster? Yap, salmon bisa jadi mood booster karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya sangat baik bagi otak, khususnya bagi memori dan kemampuan berkonsentrasi. Mengonsumsi ikan salmon juga bisa bikin kamu nggak mudah stres.

  1. Telur

Telur rebus. (Seriouseats.com)

Diolah dengan cara apapun, baik itu dijadikan telur dadar, telur ceplok, orak-arik, atau omelet, telur tetap saja enak dan kaya akan nutrisi. Kandungan vitamin D yang tinggi di dalam telur dinilai bisa bikin mood lebih baik dan mencegah datangnya depresi.

  1. Buah Berry

Aneka macam berry. (Dictionary.com)

Berbagai jenis buah berry seperti stroberi dan blueberry kaya akan kandungan anthocyanidin. Zat ini bisa mengatasi peradangan dalam tubuh. Hal itu bisa membuatmu menurunkan risiko depresi dengan signifikan.

  1. Kacang Kenari

Kacang kenari. (Liputan6.com)

Kacang kenari dan pelbagai jenis kacang lainnya memang kaya akan nutrisi yang menyehatkan, Millens. Mengonsumsi kacang kenari bisa membantu pelepasan hormon melatonin yang bisa mencegah datangnya diabetes, stres, dan penyakit jantung.

  1. Alpukat

Alpukat. (Bbcgoodfood.com)

Buah yang bisa bikin perut kenyang ini kaya akan kandungan serotonin yang bisa menyehatkan otak. Selain itu, alpukat juga memperlancar saluran pencernaan dan menyehatkan kulit.

  1. Pisang

Pisang. (Snopes.com)

Pisang yang manis rupanya kaya akan potasium yakni kandungan yang bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Kandungan vitamin B yang tinggi juga bisa membuat suasana hatimu membaik.

  1. Pasta

Pasta. (Nytimes.com)

Pasta termasuk dalam makanan yang mengenyangkan karena kaya akan kandungan karbohidrat. Setelah mengonsumsinya, tubuh akan melepas hormon serotonin dan endorphin yang bisa menenangkan pikiran sekaligus membuatmu menjadi lebih bersemangat.

Makanan-makanan itu bisa didapatkan dengan mudah dan memiliki rasa yang enak kok, Millens. Jadi, saat mood-mu sedang buruk, langsung saja beli makan-makanan itu agar suasana hatimu kembali cerah. He-he. (IB09/E04)