Nggak Hanya Sego Gudang, Nasi Tumpang Lethok pun Jadi Kuliner Khas Klaten

Nggak Hanya Sego Gudang, Nasi Tumpang Lethok pun Jadi Kuliner Khas Klaten
Nasi Tumpeng Lethok. (Pariwisataklaten)

Selain sego gudang, Kabupaten Klaten punya kuliner lain yang sebaiknya kamu cicipi. Makanan itu adalah Nasi Tumpeng Lethok. Apa istimewanya nasi ini? Hm, cari tahu dulu deh di sini!

Inibaru.id – Sego Gudang memang telah menjadi makanan khas Kabupaten Klaten. Namun, jangan salah, kabupaten ini masih punya kuliner andalan lainnya yang nggak kalah enak, yakni Nasi Tumpang Lethok. Hm, pernah mendengar nama makanan ini?

Nasi tumpeng lethok biasanya berlauk sayuran dan telur rebus, yang antas disiram dengan kuah sambal yang terbuat dari campuran cabai, santan, tempe, dan rempah-rempah. Supaya makin nikmat, koyor atau suwiran daging sapi ditambahkan pula dalam kuliner ini.

Itu saja? Tunggu dulu! Daun pepaya, bayam, nangka muda, hingga daun jeruk menjadi sayuran berikutnya yang “dijejalkan” dalam piringmu. Duh, kebayang kan kenyangnya menyantap nasi tumpeng lethok?

https://pbs.twimg.com/media/CjbYp5eUUAUEVGL.jpg

Nasi Tumpeng Lethok. (Twitter/Kabar Klaten)

Seporsi nasi tumpeng lethok biasanya dihargai sekitar Rp 9.000 hingga Rp 15 ribu. Harga ini tergantung isian apa yang pengin kamu santap. Mengingat lauk-pauk yang melimpah dalam sepiring nasi ini, rasanya harga segitu relatif terjangkau, kan?

Kalau kamu belum pernah mencicipi kuliner ini, nggak ada salahnya berkunjung ke Klaten. Siapa tahu, nasi tumpeng lethok justru bikin lidahmu ketagihan. Jadi, yuk, cobain rasanya! (IB15/E03)