Selain Nasi dan Jagung, Kenali Sorgum yang Lebih Tahan Cuaca

Selain Nasi dan Jagung, Kenali Sorgum yang Lebih Tahan Cuaca
Sorgum. (Today)

Pernah mendengar sorgum? Makanan ini menjadi salah satu pengganti nasi dengan nilai gizi yang tinggi, lo. Kamu yang belum tahu seperti apa bentuknya, kepoin dulu yuk seberapa "kerennya" bahan pangan ini.

Inibaru.id – Masyarakat Indonesia mengenal beras, jagung, dan sagu sebagai bahan makanan utama. Namun, nggak banyak yang tahu kalau negeri ini juga memiliki tanaman lain yang juga bisa menjadi pengganti bahan-bahan pangan itu. Tanaman tersebut adalah sorgum. Pernah mendengar namanya?

Sebagian orang mungkin merasa asing dengan tanaman ini. Padahal, di dunia ini sorgum adalah bahan pangan yang menempati urutan kelima yang dikonsumsi masyarakat setelah gandum, beras, jagung, dan barley (jelai), lo.

Sorgum memiliki nilai gizi yang lebih tinggi ketimbang beras. Protein, kalsium, zat besi, vitamin B1, dan fosfor terkandung dalam bahan makanan ini.

Sayang, sorgum kurang populer di Indonesia. Di Indonesia Timur, tanaman ini banyak dimanfaatkan di Nusa Tenggara Timur.

http://balitsereal.litbang.pertanian.go.id/wp-content/uploads/2018/01/kemtansor.jpeg

Sorgum sempat populer pada tahun 1966. (litbang.pertanian.go.id)

Ini bukan berarti sorgum nggak pernah populer di Indonesia ya, Millens. Pada masa pemerintahan Soeharto, program penanaman sorgum sempat digalakkan. Ini lantaran sorgum cocok ditanam saat musim kemarau panjang.

Nah, kini, sorgum mulai kembali ramai diperkenalkan pada masyarakat. Bahan ini diolah menjadi pelbagai jenis makanan seperti bubur, sereal, nasi goreng, hingga kue.

Hm, jadi penasaran pengin mencicipi rasa sorgum ini. Ada yang mau ikutan belanja sorgum? (IB15/E03)