Nggak Hanya Meredakan Kantuk, Kopi Juga Menyehatkan

Nggak Hanya Meredakan Kantuk, Kopi Juga Menyehatkan
Kopi. (Getty Image)

Selain menghalau kantuk, kopi juga baik untuk kesehatan, tentu saja dengan takaran tertentu.

Inibaru.id – Kopi membuat kita melek, semua juga tahu itu. Namun, ada manfaat lain dari ngopi. Ini berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Meminum setidaknya tiga cangkir kopi setiap hari konon bisa membantu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Ini sekaligus menegaskan bahwa para penikmat kopi memiliki risiko lebih kecil menderita serangan jantung dan stroke.

Sebuah penelitian di Sao Paulo, Brasil, yang dilakukan kepada lebih dari 4.400 responden menunjukkan hal tersebut.

Para peneliti sempat bertanya tentang kebiasaan meminum kopi para peserta. Selain itu, peneliti tersebut juga mengambil riwayat kondisi jantung secara spesifik dengan mencari tumpukan kalsium di arteri koroner yang memasok darah ke jantung.

Penumpukan kalsium ini dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga lebih sulit bagi darah untuk mencapai jantung. Jika ada yang patah dan menghalangi arteri, penyumbatan itu dapat memicu serangan jantung.

Hasilnya, ilmuan asal Universitas Sao Paulo yang memimpin penelitian ini, Andreia Miranda, mengatakan, kebiasaan mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi menurunkan kemungkinan kalsifikasi koroner.

Dalam istilah awam, tiga cangkir kopi sehari dapat menghentikan pembentukan kalsoium yang dapat menyebabkan serangan jantung. Itulah yang terjadi pada 4.400 orang yang tinggal di Sao Paulo.

Hasil dari penelitian ini kemudian dipublikasikan di Journal of American Heart Association. Ini dilakukan agar banyak orang yang mengetahui tentang fakta ini dan menjadi sumber pengetahuan mereka.

Jadi, kalau kamu pengin ngopi, ya ngopi saja. Namun, ingat, jangan berlebihan deh. Secukupnya saja! (IB20/E03)

Tags :