Nggak Hanya Lezat, Keripik Mawar Juga Kaya Manfaat

Nggak Hanya Lezat, Keripik Mawar Juga Kaya Manfaat
Mawar setebelum dan setelah digoreng. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Siapa sangka kelopak mawar bisa diolah menjadi camilan enak? Yap, selain memiliki rasa lezat, keripik mawar juga kaya manfaat lo.

Inibaru.id - Siapa sih yang nggak suka keripik? Camilan garing dengan berbagai cita rasa ini jadi jajanan favorit yang cocok untuk disantap kapan saja. Berbagai keripik yang populer terbuat dari campuran tepung-tepungan atau baru-baru ini ada berbagai keripik dari buah. Tapi kebayang nggak kalau keripik terbuat dari bunga?

Yap, benar-benar kelopak bunga yang diolah untuk dijadikan keripik! Di tangan Susmiati, bunga mawar tabur merah yang biasanya digunakan untuk nyekar diolahnya menjadi keripik yang lezat. Jangan bayangkan keripik ini penuh dengan aura mistis ya. Kamu malah bakal dibuat ketagihan jika sudah mencicipinya.

 Jika biasanya keripik punya cita rasa khas yaitu gurih atau manis, mungkin kamu perlu beradaptasi jika menyantap keripik dengan ukuran sekali hap ini. Keripik yang masih menampakkan bentuk asli kelopak mawar ini punya rasa gurih di awal namun punya aftertaste sedikit pahit dan sepat.

Adonan tepung yang digunakan untuk membalutnya memang sengaja dibuat gurih. Proses menggorengnya yang hanya sebentar membuat cita rasa mawarnya masih begitu kental.

Goreng sebentar agar tak mengubah rasa. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)
Goreng sebentar agar tak mengubah rasa. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Aftertaste ini mungkin nggak cocok di lidahmu yang terbiasa menyantap makanan asin, manis, atau gurih. Namun percayalah, pahit juga merupakan sensasi rasa yang perlu kamu rasakan setidaknya sekali dalam hidup kamu, Millens! Oh ya, meski pahit, pahitnya nggak sepekat pare atau daun pepaya kok. Aromanya juga masih khas bunga mawar yang wangi itu!

Penuh Manfaat

Susmiati mengaku produksi keripik mawar ini baru dilakukan dalam satu bulan belakangan ini. Meski begitu, orderan yang terus membanjirinya membuat citra mistis bunga mawar perlahan-lahan terkikis. Saya yang biasanya takjub melihat pemain kuda lumping makan bunga kini merasa biasa saja setelah menyantap bunga dengan cita-rasa yang lebih nikmat ini.

Ide pembuatan keripik mawar ini didapatkan oleh Susmiati ang mendapat oleh-oleh serupa dari suaminya yang baru saja melancong. Merasa penasaran, perempuan 32 tahun ini akhirnya menduplikasi camilan ini dengan beberapa modifikasi.

Nggak cuma lezat, keripik mawar juga kaya manfaat! (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)
Nggak cuma lezat, keripik mawar juga kaya manfaat! (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

“Saya cari tahu resep dan browsing apakah boleh dimakan, ternyata boleh,” tutur ibu dua anak ini.

Selain lezat, ternyata bunga mawar juga kaya manfaat lo, Millens! Beberapa di antaranya adalah menangkal radikal bebas, meremajakan kulit serta meningkatkan kekebalan tubuh. Eits, masih ada manfaat lainnya, lo. Dalam pemasarannya, Susmiati mencantumkan tiga manfaat utama keripik mawar yaitu sebagai sumber antioksidan, menghaluskan kulit, dan melancarkan menstruasi. Duh siapa sih perempuan yang nggak tertarik?

Saat ini Susmiati cuma menerima pesanan secara daring melalui nomor 083842586960. Kamu sendiri gimana Millens? Tertarik mencoba keripik unik yang satu ini? (Zulfa Anisah/E05)

Keripik Mawar Galih Galuh

Kategori: Usaha rumahan
Alamat  : Dusun Ngoho, Desa Kemitir, Kecamatan Sumowono
Kontak  : 083842586960