Selain Gizi, Atur Juga Waktu Makanmu

Selama ini orang cenderung hanya memperhatikan kandungan gizi jika sedang masak atau menyantap makanan. Padahal, waktu makan juga berpengaruh terhadap metabolisme tubuh, lo. Kapan saja, sih, waktu makan yang tepat?

Selain Gizi, Atur Juga Waktu Makanmu
Waktu makan menjadi hal yang kerap diabaikan orang. (wsj.com)

Inibaru.id – Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi dambaan semua orang. Nggak heran beberapa orang kemudian memilih untuk lebih memperhatikan yang mereka makan. Sayangnya, memperhatikan kandungan gizi dalam makanan saja nggak cukup, lo. Waktu makan ternyata berimbas pula terhadap metabolisme tubuh.

Ahli Nutrisi Michael Crupain dan Michael Rozien telah membagi waktu-waktu terbaik untuk makan. Daripada bingung, kamu bisa mencontek jadwal makan versi Crupain dan Rozlen berikut ini.

Sarapan

Kacang-kacangan baik untuk mengawali harimu. (dietdoctor)

Waktu terbaik untuk sarapan adalah pukul 07.00 – 10.00. Kacang-kacangan seperti kacang kenari bagus dikonsumsi pada jam tersebut karena bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Dengan meningkatkannya jumlah bakteri baik, ini otomatis memperlancar fungsi pencernaan. Selain itu, mengonsumsi kacang untuk sarapan juga berpengaruh terhadap kesehatan otak dan kesuburan.

Camilan Sebelum Makan Malam

https://assets.epicurious.com/photos/568c257d2e3d7397230d8ad2/master/pass/Breakfast-bowl-with-quino.jpg

Aneka jenis beri. (epicurious.com)

Kalau pengin tidur malammu nyenyak, Crupain dan Rozien menyarankan kamu buat ngemil 20 menit sebelum makan malam. Dengan perut yang kenyang, tidurmu juga lebih nyenyak. Kalau kamu takut ngemil malam hari bikin gemuk, gantilah camilanmu dengan buah yang tinggi serat seperti buah beri. Gampang, kan?

Setelah Makan Malam

https://gracefoods.com/images/Recipes2017/cropped-Puffy-Tuna-Omelette.jpg

Telur dadar dan sayuran bisa jadi makan malam yang bergizi, asal batasi penggunaan minyak, ya. (gracefoods.com)

Setelah makan malam sekitar pukul 16.00 – 19.00 rupanya masih menjadi waktu terbaik untuk makan. Tapi, tetap perhatikan yang kamu makan, ya. Kalau kamu sedang dalam program menurunkan berat badan, kamu bisa ganti camilanmu dengan protein seperti telur rebus atau dadar.

Waktu makan ternyata berpengaruh terhadap reaksi tubuh ya, Millens. Kalau sudah tahu waktu makan terbaik ini, kamu mau mengubah kebiasaanmu nggak? (IB15/E05)