Nggak Hanya Jadi Kobokan, Daun Kemangi Bisa Berikan Manfaat Ini, Lo

Nggak Hanya Jadi Kobokan, Daun Kemangi Bisa Berikan Manfaat Ini, Lo
Manfaat daun kemangi. (Tribunnews)

Kita seringkali melihat daun kemangi di wadah air kobokan atau cuci tangan. Padahal, daun kemangi sebenarnya bisa dimakan, lo. Manfaatnya juga sangat banyak bagi kesehatan. Apa saja ya kira-kira manfaatnya? Simak, yuk.

Inibaru.id - Kamu pasti sering melihat daun kemangi ditempatkan di air kobokan, kan Millens? Memang, nggak semua tempat makan menjadikan kemangi sebagai kobokan, namun banyak orang yang menganggap kemangi nggak bisa dimakan. Padahal, sayuran ini rasanya enak dan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, lo.

Terdapat banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika makan kemangi. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

1. Memerangi Kanker

Kandungan di dalam kemangi bisa melawan kanker (bolasport)
Kandungan di dalam kemangi bisa melawan kanker (bolasport)

Nggak disangka, daun kemangi ternyata memiliki kemampuan melawan kanker, lo. Hal ini disebabkan oleh beragamnya kandungan fitokimia di dalamnya. Kandungan ini dinilai dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, kanker hati, kanker mulut, dan kanker paru-paru. Meski begitu, penelitian masih perlu dilakukan lebih mendalam untuk memastikan kemampuan daun kemangi dalam melawan kanker.

2. Mengurangi Efek Stres Oksidatif

Kemangi melawan stres oksidatif (deherba)
Kemangi melawan stres oksidatif (deherba)

Stres oksidatif bisa menyebabkan kerusakan sel yang terjadi akibat paparan radikal bebas. Jika jaringan tubuh sering terpapar stres oksidatif, maka berbagai penyakit bisa muncul.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan yang mengonsumsi daun kemangi segar secara teratur selama 30 hari menghasilkan fakta menarik. Hewan ini memiliki kadar gula darah yang terkendali. Selain itu, aktivitas antioksidan di dalamnya juga meningkat. Hal ini membuat stres oksidatif bisa diturunkan dengan signifikan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan kemangi bisa melawan penuaan dini (hellosehat)
Kandungan kemangi bisa melawan penuaan dini (hellosehat)

Daun kemangi mengandung banyak antioksidan. Antioksidan ini bisa melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada kulit, otak, dan bagian tubuh lainnya. Hal inilah yang bisa mencegah penuaan dini.

4. Melawan Bakteri

Kemangi bersifat antibakteri (sajiansedap)
Kemangi bersifat antibakteri (sajiansedap)

Penelitian membuktikan bahwa kemangi memiliki sifat antibakteri. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri yang ada di kemangi seperti estragole, linalool, cineole, eugenol, sabinene, myrcene, dan limonene. Hal ini tentu bisa membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

5. Mengurangi Peradangan

Kemangi melawan peradangan (freefoodphotos)
Kemangi melawan peradangan (freefoodphotos)

Daun kemangi bisa membantu mengatasi peradangan. Bahkan, jika kita menggunakan ekstrak daun kemangi, akan membuat pembengkakan berkurang hingga 73%. Hal tersebut dikarenakan kandungan beta-caryophyllene dalam daun kemangi yang bersifat antiinflamasi.

Nah, sekarang sudah tahu kan Millens kalau daun kemangi tak hanya bisa dijadikan sebagai kobokan. Manfaatnya juga sangat besar. Jangan ragu untuk memakannya, ya? (Asi/IB24/E07)